Hexentanz

EN: Magic Dance
Permainan yang juga dapat melatih daya ingat (memory) ini, sangat digemari oleh anak-anak dan cocok sebagai salah satu alternatif permainan keluarga. Beberapa teman kecil yang berkunjung ke rumah kami, tidak pernah bosan memainkan permainan ini berkali-kali. Mungkin karena sangat mudah dimainkan dan menyenangkan.

Permainan ini diciptakan oleh Björn Hölle dan diterbitkan pertama kali oleh FX Schmid dan edisi terbarunya diterbitkan oleh Ravensburger. Hexentanz bisa dimainkan oleh 3-6 pemain dan dianjurkan untuk anak mulai umur 8 tahun. Namun menurut pengalaman kami, anak-anak mulai umur 6 tahun juga sudah bisa ikut mencobanya, karena permainan ini sangat mudah.

Konsep permainannya memang mirip dengan Geistertreppe, namun ide ceritanya sangatlah jauh berbeda. Para suatu malam, Nenek Sihir dari berbagai daerah (satu daerah diwakili oleh warna yang sama) berkumpul di suatu tempat untuk menari bersama-sama. Setelah lelah menari, mereka memutuskan untuk kembali pulang. Namun, untuk kembali pulang, setiap Nenek Sihir harus menunggu teman-teman sedaerahnya di tempat yang sudah disepakati, supaya mereka bisa terbang bersama-sama kembali ke daerah.

Dalam permainan ini masing-masing pemain dibekali beberapa pin/Nenek sihir dari satu daerah (untuk 3 pemain masing-masing mendapatkan 3 pin, untuk 4 pemain masing-masing mendapatkan 3 pin, dan untuk 5/6 pemain masing-masing mendapatkan 2 pin). Pin-pin tersebut berbentuk sama dan semuanya berwarna hitam, tapi jika kita membalik pin tersebut, di bawahnya terdapat gambar Nenek sihir dengan warna yang berbeda-beda sesuai daerahnya. Ketika permainan, para Nenek sihir/pin akan berbaur dengan Nenek sihir/pin lainnya. Sehingga para pemain harus mengingat pin yang mana miliknya. Hal yang membuat permainan ini seru adalah ketika tarian dimulai semua nenek sihir akan bercampur baur dan umumnya setiap pemain akan mulai lupa dengan pinnya masing-masing dan mulai bingung harus menjalankan pin yang mana. Aturan permainan (dalam Bahasa Inggris) yang lebih detil bisa dilihat di sini.

Permainan ini sangat cocok untuk dimainkan bersama keluarga, karena sangat menyenangkan dan akan mampu menyihir setiap pemain untuk tersenyum dan tertawa.

Ditulis oleh Kanty Kusmayanty untuk KUMMARA

Gambar:
Boardgamegeek
Amazon.com
Gamesweplay.de

0 comments:

Post a Comment