Traumfabrik

EN: Hollywood Blockbuster

Siapa bilang bikin film perlu waktu lama? Lewat board game ini, kita bisa menyelesaikan minimal 2 film, mengumpulkan berbagai penghargaan, dan bergembira bersama dalam waktu 45-60 menit!

Sebuah board game menarik dengan mekanisme lelang sederhana ini adalah hasil karya Reiner Knizia dan diproduksi oleh Hasbro. Setiap pemain berperan sebagai seorang produsen film/pemilik rumah produksi. Untuk bisa memproduksi suatu film tentu dibutuhkan sutradara, bintang film, kadang visual effect atau musik dan untuk itu setiap pemain (yang dalam permainan ini berperan sebagai produsen) harus mampu memaksimalkan nilai kontrak yang dimilikinya untuk bisa menarik insan-insan perfilm-an terbaik.

Di awal permainan setiap pemain dibekali 10-12 nilai kontrak (tergantung jumlah pemain). Permainan dibagi menjadi 4 putaran (mewakili 4 siklus produksi). Dalam setiap putaran permainan, untuk bisa menyelesaikan sebuah film, setiap pemain saling berkompetisi untuk bisa mendapatkan sutradara, bintang film dan kru pendukung lainnya sesuai dengan kebutuhan filmya. Di akhir setiap putaran, setiap pemain berkesempatan untuk memperebutkan penghargaan film terbaik, begitu juga nanti di akhir permainan. Detil aturan permainan (dalam Bahasa Inggris) dapat dilihat di sini.

Board game ini menawarkan permainan menarik dengan mekanisme yang relatif sederhana. Dalam waktu singkat setiap pemain bisa langsung mengerti strategi permainan ini dengan baik. Salah satu alternatif permainan keluarga yang benar-benar layak dicoba.


Ditulis oleh Eko Nugroho untuk KUMMARA

Gambar: Boardgamegeek

0 comments:

Post a Comment