Ich spiele Einkaufen

Board game-board game yang diterbitkan di Jerman, ternyata tidak hanya untuk kesenangan semata, tetapi banyak juga board game yang dibuat sebagai sarana edukasi untuk anak-anak. Contohnya, board game ini, Ich spiele Einkaufen, yang diterbitkan oleh Ravensburger. Board game ini dirancang sebagai mainan edukasi untuk anak. Anak bisa bermain sekaligus belajar.

Sesuai dengan judulnya ('Ich spiele Einkaufen' dalam bahasa Indonesia bisa diartikan 'Ayo Belajar Belanja), anak-anak diajak untuk belajar berbelanja sekaligus belajar berhitung. Permainan ini bisa dimainkan sendiri atau bersama teman-teman (maksimal 4 pemain), untuk anak umur 3-5 tahun.

Pada papan permainan, terdapat gambar beberapa toko (toko mainan, toko roti dan toko lainnya), dan barang-barang yang dijual di masing-masing toko tersebut. Setiap pemain dibekali daftar belanjaan, yang menunjukkan barang apa saja yang harus dibeli berikut jumlahnya. Pemain yang bisa mendapatkan seluruh barang sesuai dengan daftar belanjaannya, adalah pemenangnya.

Konsepnya sederhana, hanya menggunakan dadu untuk langkah tiap pemain dari satu toko ke toko lain. Begitu sampai di sebuah toko, pemain tersebut harus mengatakan barang apa yang akan dibeli di toko tersebut dan harus juga mengatakan dengan benar jumlahnya. Contohnya, pemain berada di toko mainan, dalam daftar belanjaan ada gambar boneka 1 buah, pemain tersebut harus mengatakan 'Saya mau membeli boneka 1 buah'. Lalu pemain tersebut mendapatkan kartu yang bergambar boneka, kemudian menyimpannya di daftar belanjaan. Jika daftar belanjaan sudah terisi penuh, maka pemain tersebutlah pemenangnya.

Belajar menjadi lebih menyenangkan jika bisa sambil bermain.

Ditulis oleh Kanty Kusmayanty untuk KUMMARA

Gambar : www.naumburg.name

0 comments:

Post a Comment