Confusion

Ingin ketawa abis-abisan? Cobalah permainan yang satu ini. Permainan yang bisa membuat para pemainnya kebingungan, namun juga mengundang tawa ria. Confusion, adalah permainan reaksi yang bisa dimainkan oleh 2-5 pemain (mulai umur 10 tahun). Semakin banyak pemain, permainan ini akan semakin seru, menegangkan dan menyenangkan. Permainan ini adalah salah satu karya dari Holger Martin dan diterbitkan oleh Ravensburger.

Mekanisme permainan ini berdasarkan atas lemparan dadu. 3 buah dadu spesial digunakan dalam permainan ini. Dadu pertama adalah dadu 'warna', setiap mata dadu hanya menampilkan warna. Dadu kedua adalah dadu 'kata', setiap mata dadu menampilkan warna dan tulisan. Warna di dadu kata hanya berfungsi untuk membuat pemain terkecoh dan bingung, yang penting pada dadu ini adalah kata yang tertulis di atasnya. Dadu terakhir adalah dadu 'aksi', dadu ini juga menampilkan warna (supaya pemain terkecoh) dan gambar. Gambar-gambar tersebut mempunyai arti masing-masing dan merefleksikan suatu reaksi (contohnya: pemain harus mengangkat kedua tangan ke atas).

Permainan ini sangat mudah dan hanya memerlukan waktu 20 menit saja. Walaupun mudah, permainan ini tidak kalah seru dengan permainan lainnya yang jauh lebih sulit dan dijamin akan mengundang banyak tawa. Setiap pemain dibekali 3 buah kartu berwarna (merah, kuning dan biru). Ketiga dadu dilempar bersamaan. Masing-masing pemain, harus berkonsentrasi melihat apa yang keluar dari setiap dadu. Jika dadu warna (misalkan mengeluarkan warna merah) dan dadu kata berbeda
(misalkan mengeluarkan kata " kuning"), maka pemain harus cepat-cepat mengeluarkan kartu dengan warna yang lain (biru). Jika dadu warna (misalkan mengeluarkan warna merah) dan dadu kata sama ("merah"), maka pemain harus cepat-cepat melihat dadu reaksi, dan segera membuat gerakan sesuai arti dari gambar tersebut. Setiap pemain yang bereaksi mendapatkan satu poin, hanya pemain yang paling lambat bereaksi, tidak mendapatkan poin atau kalau ia sudah mempunyai poin, ia harus mengembalikan satu poinnya. Pemain dengan poin terbanyak adalah pemenangnya.

Dalam permainan ini juga terdapat beberapa variasi permainan yang mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda. Permainan ini sangat menarik, seru, lucu dan cukup melelahkan, karena setiap waktu harus tertawa. Sangat cocok dimainkan bersama teman-teman sebaya, namun cocok juga untuk dimainkan bersama keluarga.

Ditulis oleh Kanty Kusmayanty untuk KUMMARA

Gambar:
Boardgamegeek
Spieletest.at

0 comments:

Post a Comment