Niagara

Niagara adalah board game hasil karya Thomas Lieching yang diterbitkan oleh Zoch dan berhasil memenangkan predikat 'Board game Terbaik Tahun 2005' (Spiel des Jahres). Sesuai dengan namanya, Niagara, maka setting permainan ini adalah di sekitar air terjun Niagara. Setiap pemain berpetualang dengan kanu (perahu kecil) sambil berusaha mengumpulkan beberapa batu bermata di sekitar air terjun Niagara.

Taktik dan strategi sangat dibutuhkan dalam permainan ini. Mekanisme permainannya cukup mudah, walau diperlukan sedikit waktu untuk benar-benar mengerti strategi permainan ini. Permainan ini bisa dimainkan oleh 3-5 pemain (mulai umur 8 tahun) dan cocok sebagai salah satu alternatif permainan keluarga, karena cukup menegangkan dan menyenangkan.

Seperti tadi dijelaskan di atas, konsep permainan ini sangat mengandalkan taktik dan strategi. Setiap pemain harus mampu mengoptimalkan pergerakkan dan penempatan kanunya, selain itu, dia juga harus memperhitungkan arus sungai yang bisa berubah sewaktu-waktu. Pemain yang salah menempatkan kanunya, bisa terbawa arus Niagara dan jatuh. Di tengah permainan pun, ada kemungkinan batu permata yang sudah diambil, tercuri oleh pemain lain. Hanya pemain yang berhasil mengumpulkan beberapa permata (sesuai aturan) dan selamat sampai ke darat, akan menjadi pemenangnya. Detil aturan permainan dapat dilihat di sini.

Beberapa orang kagum pada permainan ini, bukan hanya karena konsepnya, tetapi juga karena design dan materialnya yang benar-benar mampu menggambarkan keadaan di sebuah air terjun. Gambar sungai yang dilukis sangat cantik, juga ada pergerakan arus, yang bisa membuat kanu benar-benar terjatuh. Kanu dan batu permatanya pun didesign sangat bagus.

Niagara juga sudah mempunyai 2 ekspansi, yang mempunyai tingkat kesulitan lebih tinggi yaitu Niagara-Diamond Joe dan The Spirits of Niagara.

Bagi siapa pun yang ingin merasakan bagaimana rasanya berpetualang di Niagara, permainan ini layak dicoba.

Ditulis oleh Kanty Kusmayanty untuk KUMMARA

Gambar : BoardGameGeek

0 comments:

Post a Comment