Logofix

Begitu melihat board game ini, beberapa orang tua mungkin akan tertarik untuk membelinya, karena terdapat label yang tertera pada box Logofix ini yang menyatakan bahwa board game ini sangat dianjurkan oleh para Psikolog (von Schulpsychologen empfohlen). Karena boardgame ini dirancang sebagai mainan edukatif untuk anak-anak, yang dapat melatih kemampuan anak dalam berkomunikasi (khususnya bertanya), mengkombinasikan, berkonsentrasi, juga dapat meningkatkan kemampuan logika anak.

Logofix adalah hasil karya Haim Shafir yang diterbitkan oleh Ravensburger pada tahun 2003. Permainan ini bisa dimainkan oleh 2-6 pemain mulai umur 6 tahun. Dan juga terdapat beberapa variasi permainan, yang disesuai dengan umur dan jumlah pemain.

Logofix ini hanya terdiri dari 2 komponen, yaitu 50 buah kotak plastik kecil yang di atasnya terdapat gambar yang berbeda-beda (binatang, buah-buahan, mainan dll), dan 15 buah chip. Cara bermainnya pun sangat mudah dan konsepnya pun sangat sederhana yaitu menebak. Salah satu pemain misalkan pemain A menyembunyikan sebuah chip di bawah salah satu kotak plastik. Pemain yang lain harus menemukannya melalui bertanya (Apakah itu binatang? Apakah bentuknya bulat? Apakah itu bisa dimakan? Bisakah menyala? Dll) . Pemain A hanya boleh menjawab 'Ya' atau 'Tidak'. Permainan berakhir, jika setiap pemain sudah menyembunyikan chip 2 kali. Pemain yang berhasil mengumpulkan chip terbanyak, adalah pemenangnya.

Melalui permainan ini, anak-anak dilatih untuk aktif bertanya dan kreatif dalam membuat pertanyaan-pertanyaan. Sangat cocok dalam meningkatkan komunikasi anak, mudah dimainkan dan juga menyenangkan.

Ditulis oleh Kanty Kusmayanty untuk KUMMARA

Gambar:
Amazon.com
Orthomalin.com

0 comments:

Post a Comment