Fette Bäuche

EN: Pop Belly
Selain menciptakan Siedler von Cattan, Klaus Teuber juga telah menciptakan puluhan board game lainnya dan salah satunya adalah Fette Bäuche. Fette Bäuche ini diterbitkan pertama kali oleh Klee pada tahun 1999. Board game ini sangat cocok untuk anak usia pra sekolah (mulai umur 4 tahun), cukup sederhana namun tetap menyenangkan. Daya ingat anak (memory) dilatih pada permainan ini.

Setiap pemain berperan sebagai peternak babi dan bertugas untuk memberi makan (dalam permainan ini berupa chip) babi-babi tersebut. Cara memberi makannya seperti ketika kita akan mengisi celengan, chip tersebut dimasukan ke dalam sebuah lubang yang ada pada badan babi. Babi dalam permainan ini didesign sangat unik, terdiri dari badan babi dan perut babi yang bisa dilepas atau dipasang kembali. Masing-masing perut babi mempunyai daya tampung makanan (chip) yang berbeda-beda. Di tengah permainan, pemain dituntut untuk mengingat babi mana yang mempunyai daya tampung paling sedikit dan babi mana yang mempunyai daya tampung yang banyak. Jika babi sudah terisi penuh, maka dengan sendirinya bagian perut babi akan jatuh. Pemain yang sering menjatuhkan perut babi tidak akan mempunyai kesempatan untuk menjadi pemenang dalam permainan ini.

Dalam permainan ini juga digunakan 2 buah dadu, yaitu dadu angka dan dadu warna. Dadu angka menunjukkan berapa jumlah chip yang harus dimasukkkan ke dalam badan babi, dan dadu warna menunjukkan babi yang mana yang harus diberi makan (masing-masing babi berdiri di atas selimut dengan warna tertentu). Dalam setiap gilirannya, pemain mengocok 2 dadu tersebut. Setiap pemain harus memasukkan minimal 1 buah chip ke dalam badan babi sesuai dengan warna pada dadu. Sisanya boleh dimasukan ke dalam badan babi lainnya. Di sini, pemain harus pintar memilih, agar tidak menjatuhkan perut babi. Jadi, selain faktor keberuntungan (dadu), memory dan sedikit strategi juga dibutuhkan dalam permainan ini. Aturan permainan (dalam Bahasa Inggris) yang lebih detil dapat dilihat di sini.

Permainan ini lucu, sangat mudah dimainkan dan menyenangkan. Cocok juga untuk dimainkan bersama keluarga tercinta.

Ditulis oleh Kanty Kusmayanty untuk KUMMARA
Gambar:
Testberichte.de
Boardgamegeek.com

0 comments:

Post a Comment