Bohnanza

Bohnanza adalah salah satu permainan kartu favorit kami. Permainan ini diciptakan oleh Owe Rosenberg (pencipta Agricola, salah satu boardgame terbaik dan terpopuler tahun 2008) dan pertama kali diterbitkan oleh Amigo spiele pada tahun 1997 (untuk versi internasional diterbitkan oleh Rio Grande Games). Pada tahun yang sama Bohnanza juga berhasil menjadi nominasi Spiel des Jahres 1997.

Untuk sebuah permainan kartu, Bohnanza cukup unik dan revolusioner. Berbeda dengan umumnya permainan kartu lainnya, Bohnanza mampu menghadirkan suatu mekasnisme dan ide permainan yang sangat menarik. Permainan ini bisa dimainkan oleh 3-5 orang dan dengan menggunakan seri lanjutan (expansion set), bahkan bisa dimainkan sampai dengan 7 orang.

Setiap pemain berperan sebagai seorang petani kacang (Bohnen dalam bahasa Jerman berarti kacang) yang harus mengolah lahannya supaya bisa menghasilkan hasil panen yang optimal. Setiap pemain memperoleh koin dari penjualan hasil panennya, dan pemain dengan jumlah koin terbanyak adalah pemenang permainan ini. Aturan permainan yang lebih detil dapat dilihat di sini.

Salah satu mekanisme unik dari permainan ini adalah para pemain tidak diperbolehkan untuk menukar susunan kartu yang ada di tangan, walaupun hal tersebut bisa dipandang sangat sederhana tetapi merupakan salah satu alasan utama agar permainan ini bisa berjalan dengan baik dan menyenangkan. Berbeda dengan permainan kartu lainnya yang umumnya bersifat sangat individual, Bohnanza menyediakan banyak ruang bagi para pemain saling berkomunikasi lewat mekanisme penukaran kartu (perdagangan). Bahkan, seorang pemain akan sangat kesulitan untuk memenangkan permainan ini jika dia hanya mengandalkan kartu (kacang) yang dia miliki. Setiap pemain akan merasakan keharusan untuk bisa berinteraksi (berdagang) dengan pemain lainnya untuk bisa mendapatkan hasil optimal dan hal tersebut menjadikan Bohnanza menjadi sebuah permainan unik, menarik, dan menyenangkan.

Kelebihan lainnya dari Bohnanza adalah tersedianya berbagai seri lanjutan (expansion set) yang menarik. Hingga tahun ini tercatat ada lebih dari 10 buah seri lanjutan (ada juga seri boargamenya yang berjudul BohnHansa = Bean trader, yang akan coba kami bahas di tulisan berikutnya). Masing-masing seri lanjutan mampu membuat permainan menjadi lebih menarik (umumnya juga membuat permainan ini bisa dimainkan hinga 6-7 orang) dan menjanjikan kebersamaan yang menyenangkan.




Ditulis oleh Eko Nugroho untuk KUMMARA

Gambar: BoardGameGeek

2 comments:

Anonymous said...

kapan-kapan yuk main bohnanza.. punyaku udah dijual padahal blom dimainin karna ga ada temen main, ga cocok tema nya di grup ku hiks..

kummara said...

Boleh.. kapan-kapan kami hubungi Kania, buat main game bareng.

Post a Comment