Geistertreppe

EN: Spooky Stairs

Kalau melihat nama board game ini 'Spooky Stairs' yang artinya tangga berhantu, mungkin kita membayangkan hal-hal yang menyeramkan. Namun dalam kenyataannya, board game ini tidak menakutkan sama sekali, justru sangat menyenangkan, menghibur dan sangat cocok bagi anak-anak (mulai umur 4 tahun) dan sebagai sebuah permainan keluarga. Permainannya sangat mudah dipelajari dan dapat dimainkan oleh 2-4 pemain. Dalam permainan ini para pemain dituntut memiliki daya ingat yang baik, hal ini membuat permainan ini sangat cocok untuk anak-anak, karena melalui permainan ini anak-anak bisa melatih kemampuan daya ingat (memory) dan konsentrasi dengan gembira. Karena berbagai kelebihannya boardgame ini berhasil memenangkan penghargaan boardgame anak terbaik di Jerman (Kinderspiel des Jahres) pada tahun 2004. Boardgame ini diciptakan oleh Michelle Schanen, dan diterbitkan oleh Drei Magier Spiele.

Dalam permainan ini setiap pemain berlomba untuk menjadi anak (diwakili oleh sebuah pin berwarna) yang pertama yang sampai di tangga teratas, untuk bisa mengagetkan hantu yang sedang tertidur dengan berteriak 'BOOO!'. Di awal permainan, setiap pemain memilih satu pin dengan warna tertentu. Langkah tiap pemain ditentukan dari lemparan dadu. Di tengah perjalanan, setiap pemain harus mengingat pin mana yang menjadi miliknya, karena satu persatu pin berubah menjadi hantu (pin ditutupi oleh jubah hantu). Pada saat inilah permainan menjadi sangat seru bagi anak-anak, karena umumnya mereka mulai bingung dengan pin mereka sendiri. Bahkan waktu kami mencoba permainan ini, kami sendiri sempat bingung :). Pemain yang masih ingat pada hantu yang mana pinnya tersembunyi dan berhasil mencapai tangga teratas adalah pemenangnya. Ketika ada hantu (semua pin umumnya sudah berubah menjadi hantu di tengah-tengah permainan) yang bisa mencapai tangga teratas, jubah hantunya dibuka, dan terlihatlah siapa pemenangnya. Siapa pun pemenangnya harus berteriak 'BOOO!'

Permainan ini sangat menarik dan menegangkan karena sampai detik terakhir anak-anak baru tahu siapa yang sebenarnya menjadi pemenangnya. Permainan ini juga sangat cocok untuk dimainkan oleh seluruh keluarga. Walaupun ide permainannya sederhana dan mudah diikuti belum tentu orang dewasa bisa dengan mudah memenangkan permainan ini. Selain menarik, material permainan ini juga sangat bagus dan lucu. Untuk menempelkan pin dan jubah hantu, digunakan magnet, sehingga pin bisa tersembunyi dengan baik di balik jubah hantu.

Jika anak-anak suka permainan ini, mereka umumnya juga menyukai permainan Hexentanz (tarian nenek sihir) yang mekanismenya hampir sama dengan permainan ini. Kebetulan Hexentanz juga merupakan salah satu koleksi kami dan kami akan coba membahasnya pada tulisan kami berikutnya.

Ditulis oleh Kanty Kusmayanty untuk KUMMARA

Gambar:
Boargamegeek
Br-online.de

0 comments:

Post a Comment