Sudoku das Brettspiel

Sudoku The Boardgame

Mungkin semua orang sudah kenal dengan permainan Sudoku, yaitu sejenis teka-teki logika. Sudoku adalah singkatan bahasa Jepang dari 'Suuji wa dokushin ni kagiru', yang artinya angka-angka harus tetap tunggal. Sudoku dimainkan dalam 9x9 kotak, yang dibagi dalam 3x3 kotak kecil (sel). Tujuan dari permainan Sudoku adalah mengisi kotak kecil yang kosong dengan angka 1-9 tanpa ada angka yang berulang di satu baris, kolom atau kotak.

Pada tahun 2005 Ravensburger menerbitkan Sudoku dalam bentuk board game 'Sudoku das Brettspiel' yang bisa dimainkan oleh 4 orang secara simultan. Permainannya terdiri dari sebuah papan Sudoku, 60 kartu yang berisi angka awal dilengkapi dengan jawaban (di balik Kartu). Masing-masing pemain dibekali dengan sebuah spidol berwarna. Dan juga tersedia jam pasir untuk mengontrol waktu berpikir.

Setiap pemain memiliki waktu 30 detik untuk mengisi satu kotak di papan Sudoku, pemain sebelahnya mengontrol dengan jam pasir. Setelah pemain itu selesai mengisi salah satu kotak atau waktu berpikir sudah habis, maka pemain berikutnya memperoleh giliran untuk mencoba mengisi kotak Sudoku lainnya. Jika salah satu pemain mengisi angka yang salah pada kotak Sudoku, dan diketahui oleh pemain lainnya, maka angka tersebut segera dihapus dan pemain berikutnya berhak untuk segera mengisi kotak Sudoku selanjutnya.

Permainan berakhir jika semua kotak Sudoku sudah terisi dengan benar atau semua pemain 3x berturut-turut tidak mampu mengisi satu kotakpun atau pada jangka waktu tertentu yang sudah disetujui sebelumnya oleh seluruh pemain. Semua pemain menjumlahkan angka yang tertulis di kotak Sudoku sesuai dengan warna spidolnya masing-masing. Pemain yang mendapatkan angka tertinggi menjadi Pemenang permainan ini.

Sudoku umumnya hanya bisa dimainkan oleh satu orang, tetapi ketika ketika kita memainkannya bersama-sama (lebih dari satu orang), permainan ini menjadi jauh lebih menarik. Oleh karena itu boardgame Sudoku salah satu alternatif permainan keluarga yang menarik dan sangat menjanjikan.

Untuk teman-teman yang penasaran dengan Sudoku, kebetulan kami menemukan Sudoku versi Indonesia, yang bisa langsung dimainkan secara online. Teman-teman bisa langsung mencobanya dengan mengklik link di bawah ini :
http://www.lesantoso.com/tools/sudoku-indonesia

Ditulis oleh Kanty Kusmayanty untuk KUMMARA

Gambar:
Claudio.de
Reich-der-spiele.de

0 comments:

Post a Comment