Torres

Sebuah kerajaan baru saja tertimpa bencana. Angin topan yang sangat kuat telah menghancurkan istana raja. Istana yang awalnya megah kini hancur berantakan. Sang Raja meminta 4 orang anaknya untuk membangun kembali istananya. Raja juga bersabda bahwa pangeran yang paling berhasil membantu membangun istana berhak menjadi penerus tahta berikutnya. Untuk membangun istana setiap pangeran dibantu 6 orang ksatria dengan kekuatan dan kemampuan luar biasa.

Apa yang tertulis di atas adalah ide permainan dari sebuah boardgame menarik yang bernama Torres. Board game ini diciptakan oleh Michael Kiesling dan Wolfgang Kramer, dua orang pencipta boardgame ternama. Board game ini diterbitkan oleh F.X. Schmid pada tahun 2000 dan berhasil memperoleh penghargaan sebagai Board game terbaik pada tahun 2000 (Spiel des Jahres).

Mekanisme permainan in mengandalkan strategi untuk menempatkan bagian-bagian dari istana. Selain itu, tiap-tiap pemain (yang berperan sebagai pangeran) harus mampu mengoptimalkan pergerakan dan penempatan setiap ksatria-nya untuk bisa mengoptimalkan proses pembangunan istana. Pemenang permainan ditentukan oleh nilai yang dikumpulkan dari hasil pembangunan istana. Detil aturan permainan (dalam Bahasa Inggris) bisa dilihat di sini.

Torres sangat cocok untuk menjadi sebuah pilihan permainan untuk keluarga (10 tahun ke atas). Hanya diperlukan waktu singkat untuk bisa mengerti mekanisme permainannya (walau mungkin diperlukan waktu sedikit lebih lama untuk bisa benar-benar mengerti strategi permaian ini). Torres menawarkan suatu pengalaman bermain yang menyenangkan.

Torres juga bisa menjadi sebuah pilihan menarik untuk memperkenalkan sebuah board game. Mekanisme permainannya yang tidak terlalu sulit (juga tidak tidak telalu mudah), material permainannya yang menarik, dan ide permainannya yang original menjadikan Torres salah satu board game paling berkesan yang pernah kami mainkan.

Ditulis oleh Eko Nugroho untuk KUMMARA

Gambar: Boargamegeek

3 comments:

Anonymous said...

wah senengnya ada yang suka juga ama Torres ... soalnya game yang satu ini udah mangkal lama di lemari sejak 2002 lalu belum tersentuh ... ^_^'

kummara said...

Wah harus segera dikeluarkan tuh mas Dede. Kalo emang perlu pemain tambahan kami siap kok! Makasih banyak udah mampir. Tolong jangan bosen.

Anonymous said...

meskipun sama dua huruf awalan nama kotanya .. sayang kita terpisah oleh lautan ... Batam .. Bandung ... hiks hiks ... tapi yakin deh suatu saat nanti kalo emang jodoh mah bisa ketemu and tanding bareng he he he ... sukses buat KUMMARA b(^_^)d

Post a Comment