Bingkisan dari Internationale Spieltage Essen 2008

Tanggal 26 Oktober lalu kami berkesempatan mengunjungi pamaren mainan internasional (Internationale Spieltage) yang diadakan di Essen, Jerman.
Pameran tersebut menghadirkan lebih dari 700 penerbit dan distributor papan permainan (boardgame), permainan kartu (card game), roll playing game, dan komik ternama di dunia lengkap dengan semua produk-produk terbaru mereka. Di lahan seluas 44000 meter kuadrat, selama 4 hari (23-26 Oktober) tercatat lebih dari 150 ribu pengunjung menikmati berbagai suguhan permainan menarik yang ditampilkan.

Ribuan penggemar boardgame memperoleh kesempatan untuk bisa mencoba berbagai boardgame terbaru sekaligus bertemu langsung dengan berbagai pengarang ternama seperti DR. Reiner Knizia (Keltis), Klaus Teuber (Settlers from Catan), Wolfgang Kramer (El Grande), dan Steve Jackson ( Munchkin). Yang paling berkesan tentunya adalah kesempatan untuk bisa memainkan (sepuasnya dan gratis) berbagai boardgame seru dan menarik. Beberapa boardgame yang sempat menyita perhatian kami diantaranya adalah:

Keltis. Adalah game terbaik jerman untuk tahun 2008. Dengan peraturan yang sederhana Keltis mampu menawarkan permainan seru dan menegangkan untuk seluruh keluarga (untuk 7 tahun ke atas). Kami akan coba membahas permainan ini lebih detail di tulisan kami berikutnya.

Agricola. Tahun ini Agricola berhasil memperoleh penghargaan sebagai salah satu permainan terbaik di Jerman. Di salah satu komunitas boargame (boardgamegeek) Agricola bahkan menjadi boardgame dengan rating tertinggi. Setiap pemain berperan sebagai keluarga petani yang berusaha mengembangkan usaha pertaniannya (juga kehidupan keluaganya). Permainan ini benar-benar menawarkan berbagai hal menarik.


Pandemic. Sebuah boargame menarik. Ide ceritanya fokus pada upaya menyelamatkan dunia dari 4 penyakit berbahaya. Masing-masing pemain berperan sebagai spesialis yang bekerjasama satu sama lain untuk mengatasi, menanggulangi penyakit-penyakit berbahaya tersebut.


Selain menikmati berbagai permainan seru tersebut kami juga sempat berkenalan dan berdiskusi cukup banyak dengan Sean Brown seorang pecipta game sekaligus Manajer Produksi dari Fred distribution (distributor game dari Amerika). Salah satu topik perbincangan kami adalah mengenai niat kami untuk lebih mempromosikan boardgame (dan berbagai permainan keluarga lainnya) di Indonesia. Mr. Brown sangat antusias dengan rencana kami dan menyatakan kesediaannya untuk memberikan segala dukungan yang diperlukan untuk bisa membantu mewujudkan ide-ide yang kami kemukakan. Di akhir perbincangan, Mr. Brown bahkan menghadiahkan sebuah game "STOPLIGHTS" yang juga hasil ciptaannya.

Interaksi yang begitu bebas dan terbuka antara konsumen dan produsen, pencipta game dan fans, distributor dan retailer, dalam suatu atmosfir yang begitu menyenangkan telah menjadikan Internasionale Spieltage Essen menjadi suatu event yang unik dan sangat mengesankan.

Satu hari adalah waktu yang sangat singkat. Namun perjalanan singkat kami ke Internationale Spieltage Essen telah berhasil melahirkan KUMMARA. Kami sungguh berharap apa yang kami tampilkan di KUMMARA bisa lebih memotivasi perkembangan boardgame dan juga permainan kreatif, menarik, dan mendidik lainnya di Indonesia. Tentu semuanya akan sangat sulit jika hanyak dilakukan sendiri, oleh karena itu, kami mengundang teman-teman semua untuk bergabung bersama kami di KUMMARA, mari kita bangun komunitas boardgame Indonesia bersama-sama.


Ditulis oleh Eko Nugroho untuk KUMMARA

Foto: Sofaberdua
Game covers: Boargamegeek

3 comments:

Anonymous said...

mantap banget bisa ke Essen ... boleh donk di tulis juga borong game apa aja dari sana ^_^

Anonymous said...

wah manteb banget tuh.. ternyata ke Essen juga, kirain cuman temennya si epramono (user IBG) doank..

kummara said...

Kebetulan aja kok. Wah, kami gak borong apa-apa soalnya dananya gak cukup :(. Tapi ada beberapa game yang kebetulan murah dan sempet kami "angkut" pulang. Mungkin nanti kami coba tulis satu-satu. Makasih udah mampir.

Post a Comment