Thurn und Taxis

EN: Thurn and Taxis

Thurn and Taxis diciptakan oleh Karen dan Andreas Seyfarth dan diterbitkan oleh Hans im Glück pada tahun 2006. Pada tahun yang sama boardgame ini berhasil mendapatkan penghargaan sebagai board game terbaik di Jerman pada tahun 2006 (Spiel des Jahres 2006).

Permainan ini mengambil ide cerita Keluarga bangsawan Thurn and Taxis, yang sangat terkenal di Jerman. Keluarga Thurn and Taxis dikenal sebagai Postmaster, karena berhasil menguasai pengiriman dan pelayanan pos se-Eropa pada tahun 1600.

Permainan ini bisa dimainkan oleh 2 hingga 4 pemain (10 tahun ke atas). Ketika dimainkan oleh 2 orang permainan ini sama menariknya dengan jika dimainkan oleh 3 atau 4 orang dan hal tersebut menjadi salah satu kelebihan dari board game ini. Setiap pemain berusaha membuat jalur pengiriman pos dan membangun kantor pos di berbagai kota di Jerman dan sekitarnya (dengan versi tambahan daerahnya menjadi lebih luas - Eropa). Siapa yang dapat membuat jalur dan membangun kantor pos pada tempat yang tepat, mempunyai peluang untuk menjadi pemenang permainan ini. Namun selain itu, ada berbagai nilai bonus yang disediakan. Nilai bonus tersebut sangat mempengaruhi nilai kemenangan. Siapa yang dapat mengumpulkan berbagai bonus dengan nilai tinggi, mempunyai peluang sangat besar untuk menjadi pemenang. Permainan ini mengandalkan mekanisme penyusunan dan pemilihan kartu dengan kata lain benar-benar mengandalkan strategi permainan yang dimiliki oleh tiap-tiap pemain. Faktor keberuntungan berperan sangat kecil dalam permainan ini dan hal tersebut merupakan kelebihan lainnya dari permainan ini. Kelebihan lainnya dari Turn and Taxis adalah kesederhanaan mekanisme permainannya, hanya dibutuhkan waktu singkat untuk bisa mengerti berbagai aspek permainan ini. Detil aturan permainan (dalam Bahasa Inggris) dapat dilihat di sini.

Beberapa orang yang pernah bermain Thurn and Taxis juga merasa sangat kagum terhadap permainan ini. Bukan hanya karena sistem permainannya, tapi juga pada papan permainan dan kartu-kartunya. Gambar pada papan permainan dan kartu-kartu sangat artistik, terutama pada gambar bangunan-bangunan yang bersejarah, sehingga meninggalkan kesan antik dan historik. Sejarah tentang keluarga Thurn and Taxis ditulis tersendiri dan diselipkan dalam board game ini. Jadi, selain menikmati permainan, menikmati keindahan material gamenya, setiap pemain juga dapat memperoleh informasi/membaca sejarah keluarga Thurn and Taxis.

Thurn and Taxis adalah sebuah tipe permainan yang mampu mengkombinasikan keindahan, kreatifitas, dan ide permainan yang sangat menarik. Sebuah permainan keluarga yang layak untuk dicoba.





Ditulis oleh Kanty Kusmayanty untuk KUMMARA

Gambar:
Boargamegeek
Koenemann.de
Brettspielwelt.de

2 comments:

Anonymous said...

T&T sdauh punya 2 ekspansi yg merubah gameplay secara signifikan, one of the best adalah "all road leads to rome"

kummara said...

Apa kabar Mas Mario. Makasih banyak buat infonya dan juga udah mampir di sini. Iya mungkin nanti kita juga akan bahas versi ekspansinya. Sekali lagi terima kasih

Post a Comment