Die Siedler von Catan

Die Siedler von Catan (EN: Settlers of Catan) adalah boardgame pertama yang kami miliki. Sistem permainannya yang menarik menjadikan permainan ini salah satu permainan keluarga (untuk pemain berumur 10 tahun ke atas) yang paling sukses yang pernah ada. Permainan ini menjadikan Klaus Teuber sang pengarang, menjadi salah satu tokoh pencipta board game terkenal di dunia. Dari awal diciptakannya pada tahun 1995 hingga tahun 2002 tercatat telah ada lebih dari 10 juta kopi Siedler von Catan dalam 20 bahasa berbeda yang terjual di pasar internasional.

Siedler von Catan bisa dimainkan oleh 3-4 pemain (dengan skenario tambahan bisa dimainkan hingga 6 pemain). Masing-masing pemain bertanggung jawab atas sebuah koloni dan mencoba menjadikan koloninya sebagai kekuatan paling dominan di sebuah pulau bernama Catan. Kekuatan tiap koloni tergantung dari kemampuan mereka membangun infrastruktur (jalan, rumah, kota) di pulau tersebut.

Pulau Catan disusun dari 19 kepingan segi enam dan 18 kepingan lain untuk laut di sekitar pulau. Tiap kepingan pulau mampu menghasilkan satu dari lima sumber daya alam yang ada di pulau tersebut. Nilai hasil pelemparan 2 buah dadu menjadi penentu kepingan mana (atau sumber daya alam apa) yang diperoleh seorang pemain (koloni). Masing-masing sumber daya alam yang ada diperlukan untuk bisa membangun infrastruktur yang dibutuhkan. Untuk bisa memperoleh sumber daya alam tertentu kadang sebuah koloni perlu melakukan perdagangan dengan koloni lainya. Keberhasilan sebuah koloni membangun infrastruktur akan memberikan point bagi koloni tersebut dan koloni yang berhasil mengumpulkan 10 point menjadi pemenang.

Permainan ini juga memperkenalkan salah satu elemen pernainan yang unik yaitu perampok (robber). Jika seorang pemain melempar dadu dan menghasilkan nilai 7 maka perampok ini menjadi aktif dan bisa merugikan pemain lainnya. Ada cerita menarik tentang perampok dari Catan yang akan Saya bahas ditulisan berikutnya.

Siedler von Catan telah merubah pandangan kami tentang boardgame. Lewat Siedler von Catan kami melihat potensi besar dari boardgame untuk menjadi permainan keluarga yang menarik, kreatif, sekaligus mendidik. Lewat blog ini kami berharap bisa memperkenalkan beberapa boardgame (koleksi kami pribadi) sebagai alternatif permainan keluarga. Jika ada teman-teman yang juga memiliki ketertarikan yang sama, atau bahkan berkenan untuk menyumbangkan tulisan tentang board game, silahkan hubungi kami melalui email (kummaramail@googlemail.com). Ayo kita coba kenalkan board game untuk seluruh keluarga Indonesia!

Eko&Kanty
KUMMARA

Gambar diambil dari: http://boardgamegeek.com

Referensi:


Ditulis oleh Eko Nugroho untuk KUMMARA

0 comments:

Post a Comment