Oasis

Oasis adalah salah satu board game yang diciptakan oleh Aaron Weissblum dan Alan R Moon, yang juga pencipta board game Elfenland dan Zug um Zug. Oasis masuk ke dalam nominasi Spiel des Jahres pada tahun 2004.

Dalam permainan ini, setiap pemain berperan sebagai seorang kepala keluarga di Mongolia, yang berusaha untuk menjadi orang yang paling berkuasa di daerah tersebut. Untuk itu, setiap pemain harus mampu menguasai daerah-daerah sumber penghasilan yaitu: oasis untuk sumber air/sumur; lahan (steppe) untuk memelihara kuda; hamparan berbatu (stony plains) untuk tempat pemujaan dan memiliki banyak unta untuk mengangkut komoditi.


Mekanisme permainan yang digunakan adalah lelang dan penempatan komponen permainan. Mekanisme lelang atau tawar menawar inilah yang merupakan inti dari permainan ini sekaligus merupakan salah satu faktor yang menjadikan permainan ini menarik. Setiap pemain harus mampu memberikan tawaran yang menggiurkan kepada pemain lain, namun harus tetap penuh perhitungan. Faktor keberuntungan dalam permainan ini sangat kecil sekali, dan tidak ada penggunaan dadu. Pemenang permainan ini adalah pemain yang berhasil mengumpulkan poin terbanyak. Ringkasan aturan permainannya (dalam Bahasa Inggris) bisa dilihat di sini.

Bagian-bagian/komponen board gamenya memang terlihat sangat biasa, tapi setelah dimainkan akan terlihat cukup bagus. Komponen yang paling saya suka adalah untanya. Untanya berukuran kecil tapi tetap mudah untuk dimainkan dan terlihat sangat lucu.

Ditulis oleh Kanty Kusmayanty untuk KUMMARA

Gambar: Boardgamegeek

0 comments:

Post a Comment