Jepang: Japan Boardgame Prize. Indonesia?

Board game, pelan tapi pasti semakin mendapat tempat di berbagai negara. Selain berbagai negara di Eropa dan Amerika, beberapa negara di Asia juga telah melihat prospek pasar menarik dari board game. Beberapa negara Asia yang dikenal memiliki pasar besar untuk board game diantaranya adalah Jepang, Korea, dan Singapura.

Semenjak tahun 2002, Jepang bahkan telah mulai memberikan penghargaan khusus untuk board game terbaik atau lebih dikenal dengan nama Japan Boardgame Prize. TransAmerica, Coloretto, Einfach Genial, Thurn und Taxis, dan Zooloretto adalah beberapa board game yang berhasil meraih Japan Boardgame Prize.

Untuk tahun 2008, ada sedikit perubahan dalam mekanisme pemilihan board game terbaik di Jepang. Pada tahun-tahun sebelumnya mereka selalu membagi Japan Boardgame Prize untuk beberapa kriteria board game (The Best Foreign Game for Beginners, The Best Advanced Game, The Best Japanese Game, The Best Childgame) namun tahun untuk tahun 2008 mereka hanya menfokuskan pada satu kriteria board game terbaik dan berikut adalah 10 board game terbaik di Jepang:

1. Wie verhext! (alea/Ravensburger) 349 poin.
2. Stone Age (Hans im Glück/Rio Grande Games) 330 poin.
3. Race for the Galaxy (Abacusspiele/Rio Grande Games) 302 poin.
4. Agricola (Lookout Games) 253 poin.
5. Handelsfürsten (Pegasus Spiele) 150 poin.
6. Im Jahr des Drachen (Stefan Feld / alea, Ravensburger) 133 poin.
7. Keltis (Reiner Knizia / Kosmos) 130 poin.
8. I will go home first! (Philippe de Pallieres / Mobius Games) 129 poin.
9. Kakerlakensalat (Jacques Zeimet / Drei Magier) 99 poin.
10.Blokus 3D (Stefan Kögl / Beverly Enterprises) 93 poin.
10.Patrizier (Michael Schacht / Amigo) 93 poin.

Jika kita perhatikan, kadang board game terbaik di suatu negara - belum tentu menjadi board game terbaik di negara lain, seperti yang dialami oleh Keltis (Game keluarga terbaik 2008 di Jerman) yang hanya menempati posisi ke 7 di Jepang. Hal ini merupakan hal yang wajar, karena setiap pasar (negara) memiliki kriteria berbeda dalam menentukan game favorit mereka. Dari sisi lain, penghargaan terhadap suatu board game bisa memberikan manfaat besar bagi seorang game designer atau para produsen board game. Dengan mengetahui selera pasar di sebuah negara (game terbaik), para game designer bisa lebih mengerti game seperti apa yang seharusnya mereka ciptakan untuk bisa merebut pasar di negara tersebut.

Mekanisme pemilihan board game terbaik ini sebenarnya relatif sederhana dan mudah, yaitu dengan melihatkan semua kompenen yang terlibat langsung di dunia Board game, yaitu: jurnalis, produsen, distributor, dan para penggemar board game yang masing-masing memperoleh kesempatan memberikan pilihannya (di Jerman, 100 pemilih yang beruntung bisa memperoleh salah satu game terbaru secara gratis). Semua komponen tersebut ada jika sebelumnya pasar board game memang telah terbentuk secara kuat. Tapi sebenarnya hal ini juga bisa dilakukan secara terbalik,maksudnya - pemberian penghargaan game terbaik bisa menjadi sebuah media promosi yang efektif untuk memperluas pasar boardgame dan mungkin itu yang seharusnya kita lakukan di Indonesia. Tentu masih banyak hal yang perlu disiapkan, namun sebenarnya bukan hal yang mustahil untuk menciptakan Indonesia Board Game Prize.

List lengkap penghargaan board game terbaik di berbagai negara bisa dilihat di sini:
http://boardgameawards.blogspot.com/


Dirangkum dari berbagai sumber oleh Eko Nugroho untuk KUMMARA

0 comments:

Post a Comment