Cara Mudah Mengenal Board game

Banyak yang bertanya apa yang bikin board game menarik? Jika pertanyaan itu ditujukan pada kami,tentu kami bisa menyediakan jawaban panjang lebar kenapa board game menarik dan hal itu mudah, karena kami memang menyukai board game sejak lama. Namun, sebanyak apapun jawaban yang kami sampaikan tidak akan menjamin sang penanya akan menjadi tertarik dengan board game. Jadi sebenarnya cara termudah bagi sang penanya untuk bisa mendapat jawaban dari pertanyaan tersebut adalah dengan mencoba sendiri memainkan beberapa board game.

Lalu, jika seseorang ingin mencoba board game, bagaimana caranya?
Ada pepatah di jaman orde baru yang bilang, jadi pejabat memang enak, tapi lebih enak jadi orang biasa yang punya teman baik pejabat. Pepatah ini mungkin bisa diterapkan untuk teman-teman yang ingin mencoba board game: punya board game memang asik, tapi lebih asik punya teman baik yang kebetulan kolektor board game. Jadi kalau memang ingin mencoba mengenal board game dan ingin tau kenapa board game menarik, mungkin bisa dimulai dengan berteman dengan para board gamers. Di Indonesia para board gamers telah memiliki sebuah forum heboh dan seru, yaitu: Indoboardgames. Para board gamers yang tergabung dalam forum tersebut terkenal ramah, jadi tidak ada alasan untuk takut bergabung di sana. Semua informasi terkait board game bisa kita dapatkan di sana, plus kita juga bisa menemukan kapan dan di mana para board gamers berkumpul. Dengan sedikit keberanian, siapapun bisa ikut bergabung dalam acara mereka dan tentunya bisa ikut menikmati pengalaman bermain board game dengan para gamers sejati.

Jika dirasa pertemuan langsung dengan para board gamers masih terlalu berat, tapi keinginan untuk bisa mencoba board game begitu tinggi, harus bagaimana? tenang, tidak perlu bingung dan merana, ada banyak jalan untuk bisa menikmati board game kapan saja dan di mana saja, asal ada internet di depan mata.

Pada tahun 1998 Alexander Zbiek, seorang board gamer dan ahli pemrograman memulai sebuah pekerjaan menarik, membawa board game ke dunia maya. Melalui usaha yang berliku, akhirnya tercipta Brettspielwelt (yang artinya dunia boardgame) sebuah website yang menarik, yang memberikan kesempatan untuk semua orang bisa menikmati dan mengenal lebih jauh tentang board game.
Hingga saat ini, hampir seluruh board game ternama seperti: Carcassonne, Can't Stop, Go, Lost Cities, Settlers of Catan, Tichu, dan berbagai board game lainnya bisa kita mainkan secara online di sana. Bahkan pada bulan februari ini, berkerja sama dengan satu perusahaan energi di Jerman mereka juga menampilkan versi online dari satu board game manarik: Power Grid.

Karena internet saat ini sudah semakin mudah, bahkan sebagian dari kita bisa menikmatinya melalui perangkat alat gemgam (hand phone), begitu juga board game. Sebuah perusaahan peranti lunak di Jerman Exozet bahkan telah mulai mengemas berbagai boardgame untuk bisa dimainkan handphone. Settler of Catan merupakan salah satu produk mereka yang telah mulai mendapat banyak perhatian dari para pencinta game.

Tentu pengalaman bermain board game online atau mengguanakan perangkat elektronik lainnya tidak bisa disamakan dengan bermain bord game secara langsung bersama teman dan keluarga. Ada suatu kesan dan pengalaman tersendiri ketika kita memainkan boardgame secara langsung dan bersama-sama. Tetapi berbagai alternatif memainkan boardgame di berbagai media di atas merupakan cara efektif untuk bisa mencoba dan mengenal board game.

Moral of the story:
Jika teman-teman tertarik dengan board game, jangan hanya bertanya, ayo kita bermain bersama!

Ditulis oleh Eko Nugroho untuk KUMMARA

0 comments:

Post a Comment