Zooloretto

Bercita-cita punya kebun binatang sendiri? Coba dulu board game Zooloretto. Dalam permainan ini masing-masing pemain berperan sebagai pengusaha kebun binatang, yang yang berusaha seoptimal mungkin agar kebun binatangnya ramai dikunjungi dan paling lengkap binatangnya. Tapi hati-hati, kebun binatang harus direncanakan dengan baik. Binatang yang tidak mendapatkan tempat akan menyebabkan poin negatif.

Permainan ini mudah dimainkan dan sangat menarik, terbukti dengan berbagai penghargaan yang diraih oleh Michael Schacht, pencipta permainan ini. Berikut beberapa penghargaan yang telah diraih:
- Pemenang Spiel des Jahres 2007
- Pemenang Golden Geek Awards untuk kategori Permainan Keluarga & Anak Terbaik
- Finalis Game of the Year 2007 di Irlandia
- Pemenang Game of the Year 2007 di Australia
- Pemenang Japan Board game Prize 2007 untuk kategori Best Foreign Game for Beginners

Dalam permainan ini dibutuhkan taktik dan manajemen penempatan binatang dengan baik. Tujuan dari permainan ini adalah mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya yang dihitung berdasarkan jumlah binatang dan jumlah tenda makanan yang ada di kebun binatang kita. Detil aturan permainan bisa dilihat di sini.

Masih tidak cukup dengan Zooloretto, sudah dirilis Zooloretto XXL yang merupakan ekspansi dari Zooloretto, dengan menghadirkan binatang-binatang baru dan penambahan material lainnya.


Untuk yang tertarik dengan Zooloretto, bisa kunjungi website sang pencipta Zooloretto: http://www.michaelschacht.net/zooUS.html
Di website ini terdapat beberapa ekspansi dari permainan ini yang dapat didownload secara gratis, juga terdapat Zooloretto Museum, yaitu sebuah museum virtual dibuat untuk menampung berbagai karya kreatif dari siapa pun yang berhubungan dengan Zooloretto.

Ditulis oleh Kanty Kusmayanty untuk KUMMARA

Gambar: Boardgamegeek

0 comments:

Post a Comment