Wie Hund und Katz

EN: Like Dog and Cat

Semua orang tahu, kalau anjing sangat menyukai tulang, dan kucing tentu saja sangat menyukai ikan. Bagaimana jadinya jika salah memberi makan?

Tema tentang memberi makan kucing dan anjing ini, mengilhami Chris Baylis untuk membuat permainan kartu berjudul Wie Hund und Katz (Like Dog and Cat). Permainan ini pertama kali diterbitkan oleh Goldsieber Spiele pada tahun 2002. Permainannya sangat mudah, cepat -hanya memerlukan 15-30 menit saja dan bisa dimainkan oleh 2-6 pemain (mulai usia 10 tahun). Semakin banyak pemain akan terasa semakin seru dan menegangkan.

Dalam permainan kartu yang satu ini, setiap pemain harus berusaha memberi makan kucing dan anjing favoritnya dengan makanan kesukaannya, jika ada makanan yang salah (anjing makan ikan atau kucing makan tulang) akan menghasilkan nilai negatif. Permainan akan berakhir jika seluruh anjing dan kucing sudah kenyang (jika pada seluruh anjing dan kucing sudah terdapat 5 kartu makanan), lalu akan dihitung poin kemenangan. Siapa yang memiliki poin tertinggi, dialah pemenangnya.

Pada awal permainan, masing-masing pemain mendapatkan 6 buah kubus kecil dari kayu (kubus ini akan dipergunakan untuk menandai binatang favorit yang dipilih pemain) dan 3 kartu Aksi. Dalam setiap gilirannya, setiap pemain harus menjalankan dua tahapan. Pertama, menyimpan kubus pada kartu binatang yang dipilih. Tahap kedua setiap pemain boleh mengambil kartu makanan (tulang atau ikan) ke binatang favoritnya/binatang milik pemain lain atau menjalankan kartu aksi. Inti dari permainan ini adalah sebisa mungkin menyimpan kartu makanan yang benar pada kartu binatang favorit kita, dan tentu saja sebisa mungkin memberikan kartu makanan yang salah kepada kartu binatang pemain lain. Hal inilah yang membuat permainan ini menarik, karena setiap kartu makanan yang salah akan memberikan nilai negatif. Dan tidak hanya itu saja, masih ada kartu aksi yang bisa dijalankan. Kartu aksi mempunyai banyak manfaat, tapi juga bisa merugikan karena bisa digunakan untuk menukar kartu makanan, menukar kubus (menukar binatang favorit), dan lainnya. Jadi jangan dulu bersenang-senang, karena apa pun bisa terjadi dan mungkin saja akan merugikan kita.

Ketika seluruh kartu binatang sudah ‘kenyang’ (sudah ada 5 kartu makanan di sampingnya), maka permainan segera berakhir. Kemudian dilakukan perhitungan poin kemenangan. Setiap
pemain menghitung poin yang didapat dari binatang favoritnya. Untuk setiap kartu makanan yang benar akan menghasilkan poin positif dan untuk setiap kartu makanan yang salah akan menghasilkan poin negatif. Pemain dengan poin tertinggi akan menjadi pemenangnya. Aturan permainan yang lebih detil (dalam Bahasa Inggris) dapat dilihat di sini.

Seluruh komponen permainan ini dibuat dari bahan yang sangat bagus dan kualitas gambarnya pun cukup bagus. Gambar kucing dan anjingnya bermacam-macam dan pada setiap kartu binatang sengaja diberikan nama, agar pemain bisa memilih binatang favoritnya baik dari nama yang disukai atau dari gambar binatang itu sendiri.

Pada kartu makanan, terdapat gambar tulang atau ikan yang jumlahnya sesuai dengan angka yang tertera pada kartu tersebut. Hanya saja angka yang tertera pada kartu tersebut agak sulit dibaca. Pertama kali melihat gambar kartu-kartu aksinya memang agak sedikit membingungkan, namun lama-kelamaan akan mudah dipahami.

Untuk para penggemar kucing dan anjing, dan yang ingin mencoba pengalaman seru ketika memberi makan anjing dan kucing, jangan lewatkan permainan ini. Permainan kartu yang cukup seru dan menegangkan.

Ditulis oleh Kanty Kusmayanty untuk KUMMARA

Gambar: Boardgamegeek

0 comments:

Post a Comment