Maju Terus Boardgamers Indonesia!

Bulan Januari lalu, ada sebuah artikel menarik dari sebuah media online di Malaysia yang membahas mengenai board game. Artikelnya sediri sedikit usang, namun beberapa bahasan dalam artikel tersebut menarik untuk bisa kita perhatikan.

Artikel tersebut membahas tentang sebuan pameran dan pertemuaan para penggemar boardgamers pertama di Malaysia yang dinamakan Thinkcon-1. Yang lebih menarik lagi adalah bahwa pameran dan pertemuan tersebut diadakan di sebuah sekolah. Hal ini menandakan bahwa para pendidik di Malaysia telah mulai melihat board game sebagai suatu media pendidikan yang menarik dan berpotensi besar. Artikel tersebut juga membahas beberapa pendapat para profesional dunia pendidikan Malaysia mengenai board game dan seperti telah bahas dalam beberapa artikel lainnya, mereka sepakat bahwa ada potensi besar dari board game baik dari sudut pandang ekonomi maupun dari sudut pandang edukasi.



Lalu apa hubungan semua ini dengan kita?

Artikel tersebut diterbitkan Januari lalu, dalam jangka waktu 3 bulan ini mungkin telah terjadi banyak perkembangan positif terkait board game di Malaysia. Jika kita melihat upaya memasyarakatkan dan memperkenalkan board game ke seluruh lapisan masyarakat sebagai sebuah permainan, sepertinya kita sedikit tertinggal dengan apa yang telah rekan-rekan boardgamers Malaysia lakukan. Tidak bisa dipungkiri, strategi mereka untuk membawa board game ke sekolah adalah sebuah strategi efektif yang bisa memberikan dampak positif yang luar biasa. Seperti dalam semua permainan, kadang ada waktunya kita belajar dari strategi pemain lain untuk terus bisa bersaing.

Mungkin kita harus coba lebih aktif memperkenalkan board game ke masyarakat. Jika dibarengi dengan persiapan yang matang, kejasama dengan berbagai pihak sebenarnya sangat terbuka. Selain langkah kerja sama, media tentu memegang peranan penting. Suatu proses kerja sama tanpa liputan media hanya akan memberikan efek lokal dan kurang optimal. Jika karena berbagai keterbatasan yang ada media-media formal tidak dapat kita mohonkan bantuannya mungkin kita bisa mengoptimalkan berbagai media informal yang ada, semacam jaringan sosial, blog pribadi, dan beberapa media informal lainnya.

Mungkin para distributor board game juga harus mulai melihat semua aktivitas promosi dan upaya sosialisasi board game ini sebagai langkah awal investasi jangka panjang. Tanpa dukungan dan bantuan sponsorship, suatu gerakan akan terasa sangat berat. Tentu detail kerjasama harus bisa disusun sedemikan rupa untuk bisa memberikan keuntungan bagi semua pihak

Mungkin kita bisa mengambil format beberapa gerakan sosial yang terbilang sukses. Beberapa waktu lalu komunitas blogger mengadakan sebuah gerakan 1000 buku dan berhasil luar biasa. Sebuah ide sederhana dibarengi dengan konsistensi luar biasa telah menghasilkan suatu dampak positif yang sangat besar. Saat ini tidak bisa dipungkiri komunitas blogger menjadi sebuah komunitas aktif yang sangat diperhitungkan. Baru-baru ini muncul juga sebuah gerakan sosial coin a chance yang dalam waktu singkat telah berhasil menarik perhatian banyak pihak. Contoh lainnya adalah beberapa klub penggemar motor besar yang secara rutin juga memberikan bantuan sosial bagi masyarakat sehingga eksistensi mereka diakui oleh masyarakat. Semua gerakan tersebut bisa berhasil karena mampu mengoptimalkan 3 unsur penting: komunitas, media/komunikasi, dan kreativitas. Kita sebenarnya telah memiliki ketiga unsur tersebut, hanya tinggal mencari cara untuk bisa mengoptimalkannya.


Mengapa hal ini penting? Kita hanya bermain untuk menyalurkan hobi, mengapa mesti repot?

Kita semua sepakat ada potensi besar dari board game yang artinya hobi kita juga memiliki potensi besar yang bisa kita manfaatkan. Potensi besar tersebut baru akan dilihat oleh masyarakat jika kita benar-benar mampu menujukkannya secara optimal, dengan kata lain melalui hobi ini kita harus mampu memberikan manfaat bagi masyarakat. Dari berbagai contoh yang ada, sebuah promosi atau bentuk sosialisi umumnya akan berhasil jika kita memilki tujuan lain yang lebih besar, bukan sekedar memberikan manfaat untuk diri/ komunitas kita sendiri. Mungkin, jika kita pelan-pelan bisa memanfaatkan board game kita untuk sebuah tujuan lain yang lebih besar, kita bisa lebih efektif memperkenalkan board game ke masyarakat. Mungkin kita bisa memulainya dengan sebuah langkah sederhana, membawa board game kita ke rumah sakit (anak) dan membagi sedikit kesenangan dengan beberapa pasien anak. Atau membawa board game kita ke beberapa panti asuhan dan membagi sedikit bahagia dengan seluruh penghuninya. Dengan begitu, segala potensi besar yang ada dalam board game pelan tapi pasti akan semakin dikenal oleh masyarakat. Ketika board game semakin dikenal oleh masyarakat, eksistensi kita sebagai para pencinta board game juga tentu akan semakin dikenal dan secara otomatis komunitas pencinta board game akan lebih cepat berkembang. Untuk para distributor tentu ada keuntungan besar ketika persepsi positif masyarakat tentang board game semakin berkembang, potensi pasar secara langsung juga akan ikut berkembang. Bayangkan betapa besar keuntungan yang kelak bisa kita peroleh jika pelan tapi pasti kita bisa lebih kreatif dalam memperkenalkan board game.

Ini semua hanya sebuah ide dan harapan semata, untuk perkembangan positif board game Indonesia.

Maju terus boardgamers Indonesia.

Ditulis oleh Eko Nugroho untuk IndoBoardgames dan KUMMARA

Foto: thestar.com.my

0 comments:

Post a Comment