Villa Paletti

Permainan yang satu ini dijamin seru untuk seluruh keluarga. Mekanisme permainannya mirip Jenga, tapi lebih menarik dan memerlukan sedikit taktik. Karena mekanisme permainannya yang menarik dan mudah, board game ini mendapatkan beberapa penghargaan, diantaranya adalah menjadi pemenang Tric Trac d'Or pada tahun 2001 dan pada tahun berikutnya mendapat penghargaan Spiel des Jahres di Jerman. Permainan ini bisa dimainkan oleh 2-4 pemain (mulai umur 6 tahun), tapi akan terasa lebih seru jika dimainkan oleh 3-4 pemain. Ingin tahu lebih jauh tentang permainan ini? Simak dulu ceritanya.

Alkisah, hiduplah seorang Maha Guru yang dikenal dengan nama ‘Paletti’. Dalam hidupnya, ia hanya memiliki satu keinginan, yaitu menyelesaikan sebuah istana yang telah dibangun oleh Kakeknya beberapa tahun yang lalu. Istana tersebut belum terselesaikan karena kekurangan biaya. Pada saat itu, Palleti juga tidak mempunyai banyak uang. Tapi untuk mewujudkan keinginannya, Paletti tidak menyerah begitu saja. Ia membuat sebuah rencana. „Mengapa harus membeli pilar yang baru, jika pilar yang lama masih bisa digunakan kembali?“, pikir Paletti.

Paletti yang dibantu oleh teman-temannya, segera menjalankan rencananya, yaitu mengambil beberapa pilar di bangunan dasar (lantai 1), dan menggunakannya kembali untuk membangun lantai-lantai berikutnya, terus ke atas, menjulang tinggi. Tidak disangka, ternyata rencana tersebut berjalan dengan baik, sampai akhirnya Paletti berhasil membuat sebuah bangunan tinggi yang sangat mengagumkan, yang diberi nama ‘Villa Paletti’.

Dalam permainan ini setiap pemain berperan sebagai arsitek, yang menjalankan rencananya Mr. Paletti yaitu membangun Villa Paletti, dengan cara memindahkan pilar (bahan dari kayu) dari satu lantai ke lantai berikutnya, tapi harus berhati-hati dan berkonsentrasi, jangan sampai bangunan Villa Paletti menjadi runtuh dan jika ingin menjadi arsitek yang handal alias jadi pemenang permainan ini, selain konsentrasi, jangan lupa menggunakan taktiknya.

Di awal permainan, masing-masing pemain memilih warna. Langkah setiap pemain sangatlah mudah, hanya memindahkan salah satu pilar miliknya dari lantai 1 ke lantai berikutnya (lantai 2). Tidak seperti dalam permainan Jenga yang hanya boleh menggunakan satu tangan, di permanian ini kedua tangan boleh digunakan, jika masih sulit, boleh menggunakan Hook (alat untuk mempermudah mengambil pilar). Jika pilar yang tersisa di lantai 1 sudah tidak mungkin dipindahkan lagi (karena jika dipindahkan akan menyebabkan bangunan runtuh), maka bagian dasar lantai 3 disimpan di atas pilar-pilar yang sudah dipindahkan dan mulailah membangun lantai berikutnya (lantai 3), dengan cara yang sama.

Terdapat 3 bentuk pilar, masing-masing mempunyai poin tertentu: 1, 2 dan 3. Ketika bagian dasar lantai 3 (warna hijau) mulai dibangun, maka mulai dihitung poin setiap pemain. Pemain yang mempunyai poin tertinggi berhak mendapatkan Seal, sebagai tanda bahwa pemain tersebut adalah arsitek terbaik pada saat itu. Seal akan berpindah ke pemain lain, jika pemain tersebut berhasil mendapatkan poin lebih tinggi. Pada tahap ini, setiap pemain harus pintar memilih pilar yang mana yang harus dipindahkan terlebih dahulu, agar dapat memperoleh nilai tertinggi, tapi tidak itu saja, pemain juga harus menempatkan pilarnya pada tempat yang tepat, agar pilarnya bisa terus dipindah sampai ke lantai teratas. Itulah taktiknya.

Permainan berakhir jika Villa Paletti runtuh atau ketika seluruh pemain tidak bisa lagi membangun Villa Paletti. Pemenangnya adalah pemain yang memiliki Seal pada saat tersebut. Ada pengecualian, jika pemain yang membuat Villa Paletti runtuh adalah pemain yang mempunyai Seal, maka pemain dengan warna yang sesuai pada Seal adalah pemenangnya. Ingin tahu aturan permainan yang lebih detil? Bisa lihat di sini.

Board game menarik ini diterbitkan oleh Zoch. Seperti layaknya board game produksi Zoch lainnya, maka hampir seluruh komponen permainan ini juga terbuat dari kayu, kecuali bagian dasar Villa dan Hook (alat untuk mempermudah mengambil pilar). Komponen-komponennya sederhana, tapi meskipun begitu tetap bagus dan artistik.

Untuk penggemar fun game, jangan lewatkan permainan yang satu ini, dijamin seru.

Ditulis oleh Kanty Kusmayanty untuk KUMMARA

Gambar: Boardgamegeek

0 comments:

Post a Comment