
'Agathas letzter Wille' ini diciptakan oleh Michael Gray, dan diterbitkan permata kali oleh MB (Milton Bradley). Permainannya bisa dimainkan oleh 2-4 pemain (mulai umur 9 tahun), sangat cocok untuk berbagai usia, karena mekanisme permainannya sangat mudah, hanya menggerakan pion, yang langkahnya berdasarkan dadu. Meskipun mekanismenya mudah, tapi permainan ini tetap menarik, karena didukung dengan board game yang 3 Dimensi.
Ide ceritanya adalah tentang surat wasiatnya Tante Agatha. Pada suatu hari, Tante Agatha yang kaya raya meninggal dunia. Selama hidupnya, Tante Agatha hanya ditemani 11 orang (teman dekat & pekerja) dan satu ekor kucing kesayangannya, Tante Agatha tidak mempunyai anak atau pun keluarga. Setelah meninggalnya Tante Agatha, seluruh teman dekat dan pekerja berkumpul di rumah Tante Agatha, mereka semua cemas menunggu pembacaan surat wasiat karena Tante Agatha hanya akan memberikan harta warisannya kepada satu orang saja (atau kepada kucing kesayangannya)!
Siapakah yang akan mendapatkan harta warisan tersebut? Petunjuknya ada pada foto yang terpampang di dinding rumah Tante Agatha.

Pada awal permainan, setiap pemain mendapatkan beberapa kartu karakter/calon ahli waris. Kartu-kartu ini harus dirahasiakan, jangan sampai pemain lain tahu karakter apa saja yang kita miliki. Pada setiap gilirannya, pemain melempar 2 buah dadu, kemudian pemain harus memindahkan 2 buah pion/calon ahli waris yang mana saja, ke mana saja. Tapi jika angka dadunya sama, maka pemain harus mengganti foto yang terpampang di dinding rumah Tante Agatha dan boleh memindahkan 2 pion atau 1 pion saja.

Kapan permainan ini berakhir dan siapakah pemenangnya? Ada 3 kemungkinan:
- Jika pion (yang fotonya terpampang di dinding) berhasil keluar dari rumah tersebut, maka pemilik pion tersebut adalah pemenangnya.
- Jika hanya ada satu pion yang tersisa di papan permainan, maka pemilik pion tersebut adalah pemenangnya.
- Jika pion detektif sudah masuk ke dalam rumah, maka pemain yang mempunyai kartu yang gambarnya sama dengan foto yang terpampang di dinding adalah pemenangnya.

Pada beberapa komponen board game ada bagian yang bisa digerakan sehingga benar-benar menghasilkan efek ‘terkena perangkap’, benar-benar terlihat nyata. Pengalaman kami ketika bermain permainan ini, pada saat ada salah satu pion yang terkena perangkaplah yang membuat kami tetap tertawa dan menikmati permainan ini, walaupun mungkin pion tersebut adalah pion milik sendiri.
Ditulis oleh Kanty Kusmayanty untuk KUMMARA
Gambar: Boardgamegeek
0 comments:
Post a Comment