Affenbande

Minggu lalu, kami kedatangan tamu kecil, umurnya 5 tahun lebih. Begitu ia melihat ada mainan kecil nyempil di salah satu rak buku kami, langsung saja ia minta main bersama. Kebetulan saya sendiri belum pernah mencoba permainan ini, jadi waktu itu memang saat yang tepat untuk mencobanya. Namanya Affenbande, board game khusus untuk anak-anak (mulai usia 3 - 6 tahun) karya Reiner Knizia.

Affenbande dalam bahasa Indonesia berarti kumpulan kera. Oleh karena itu, dalam permainan ini, kita akan bermain dengan pion yang berbentuk seperti kera. Kera-kera ini tidak berwarna coklat atau hitam seperti kera sebenarnya, tapi mempunyai warna yang berbeda (Merah, Kuning, Biru, dan Hijau, masing-masing 6 buah kera). Selain kera, komponen permainan ini adalah sebuah kantong kecil dan 4 buah papan permainan kecil, yang dasarnya memiliki warna yang sama dengan kera, yaitu merah, kuning, biru dan hijau.

Di awal permainan, masing-masing pemain akan mendapatkan satu papan permainan kecil. Semua kera yang berjumlah 24 buah, akan dimasukkan ke dalam kantong kecil, sehingga satu warna akan bercampur dengan warna lainnya. Tujuan permainannya sangatlah mudah, yaitu mengumpulkan kelompok kera (6 kera) yang warnanya sesuai dengan warna dasar papan permainan.

Mekanisme permainannya sangat mudah dimengerti oleh anak-anak. Masing-masing pemain harus mengambil sebuah kera dari kantong tanpa melihatnya. Jika warna kera yang diambil tidak sesuai dengan warna dasar papan permainan miliknya, maka ia harus menyerahkan kera tersebut kepada pemain lain yang warna dasar papan permainannya sama dengan warna kera yang didapat. Karena kera yang didapat bukan untuknya, maka pemain tersebut boleh mengambil 1 kera lagi dari dalam kantong, tentunya tanpa melihat juga. Jika kali ini warna kera sesuai dengan warna dasar papan permainan miliknya, maka ia harus menyimpan kera tersebut di atas papan tersebut. Dan otomatis gilirannya berakhir. Pemain yang pertama kali berhasil mengumpulkan 6 kera berwarna sama di atas papan permainan miliknya, akan menjadi pemenangnya.

Board game anak ini, sangat mudah, cepat dimainkan, hanya butuh waktu 10 menit saja dan menyenangkan untuk anak-anak. Hal ini terbukti ketika kami bermain dengan tamu kecil kami, ia terlihat sangat bersemangat, terlihat tidak sabar menunggu gilirannya, dan terlihat sangat gembira. Bahkan tamu kecil kami meminta bermain permainan yang sama berkali-kali. Selain kegembiraan, anak-anak juga bisa belajar sedikit tentang warna dan berhitung. Jadi bisa belajar sambil bermain.

Ingin bawa keceriaan di keluarga Anda? Coba saja permainan ini bersama buah hati Anda.

Ditulis oleh Kanty Kusmayanty untuk KUMMARA

Gambar: Boardgamegeek

2 comments:

maskarina said...

cepat sampe bandung ya..
ntar talitha bisa ikutan maen.. :)

kummara said...

Insya Allah bulan Mei sampe di Bandung, Talitha boleh ajak temen-temen juga buat main bareng.

Post a Comment