Zauberwald

EN: FantasyLand
Rudi sang Raksasa sedang marah, karena beberapa anak mengendap-endap masuk ke dalam hutan sihir (hutan ajaib) dan mengambil batu-batu permata yang dijaganya. Sang Raksasa berusaha menangkap anak-anak tersebut, namun kadang usahanya gagal karena badannya yang besar tersangkut diantara dua pohon.

Cerita di atas, adalah ide cerita permainan ini, yang diciptakan oleh Gunter Baars. Dalam permainan ini para pemain dituntut memiliki daya ingat yang baik, hal ini membuat permainan ini sangat cocok untuk anak-anak dan keluarga(mulai umur 6 tahun). Melalui permainan ini semua pemain dituntut untuk mengoptimalkan kemampuan daya ingat dan konsentrasinya, tentunya tetap sambil bergembira dan bersenang-senang. Pemain yang mempunyai daya ingat yang bagus, mempunyai peluang sangat besar untuk memenangkan permainan ini. Sebuah dadu spesial memang digunakan pada permainan ini, namun faktor keberuntungan dari dadu mempunyai pengaruh yang sangat kecil. Permainan ini bisa dimainkan oleh 2-4 pemain. Untuk 2 pemain, aturan permainannya sedikit berbeda. Dianjurkan untuk dimainkan oleh lebih dari 2 orang pemain.

Aturan permainannya mudah, salah satu pemain akan bergiliran menjadi sang Raksasa dan bertugas menangkap figur anak (kobold kids) dari pemain lain. Langkah setiap pemain ditentukan oleh dadu, kecuali sang Raksasa, ia bisa berjalan kemana pun, tapi harus berhati-hati, karena jika salah melangkah, pohon ajaib bisa membuatnya tersangkut dan Raksasa tidak bisa bergerak lagi. Pemain lain harus berusaha menghindar dari sang Raksasa, tapi juga harus mengumpulkan batu-batu berkilau. Pemain yang bisa mendapat 7 buah batu berkilau adalah pemenangnya. Detil aturan permainan bisa dilihat di sini.

Material permainan ini memang dari plastik, tapi tetap terlihat bagus, mulai dari figur sang Raksasa, pohon dan juga box permainannya. Seluruh sisi-sisi pada box permainan ini, digambar seperti sebuah hutan sihir. Sehingga ketika memainkan permainan ini, para pemain bisa merasakan benar-benar berada di dalam hutan sihir. Selain ini, ada satu hal yang unik dalam permainan ini, yaitu jarak antara dua pohon ajaib yang sengaja diatur secara apik, supaya ketika sang Raksasa berjalan di dalam hutan, ia bisa tersangkut diantara dua pohon dan tidak bisa bergerak. Hal ini yang membuat permainan menjadi menegangkan dan menyenangkan.

Ditulis oleh Kanty Kusmayanty untuk KUMMARA

Gambar: Boardgamegeek

0 comments:

Post a Comment