Black Vienna

Black Vienna adalah deduction game yang diciptakan pada tahun 1987 oleh Gilbert Obermair dan diterbitkan oleh Franckh (sekarang Kosmos). Tema cerita diambil di Vienna pada jaman setelah perang. Pada saat itu terdapat sekelompok teroris terdiri dari 3 orang misterius yang identitasnya tidak diketahui. Kelompok teroris tersebut dikenal sebagai 'Black Vienna'.

Dalam permainan ini, setiap pemain berperan sebagai Detektif yang berusaha mengungkapkan ketiga identitas Black Vienna tersebut.

Material permainan ini hanyalah kartu dan chip. Terdapat 27 kartu identitas (Kartu Abjad A-Z dan Ö), 3 kartu disimpan tertutup (3 kartu ini adalah identitas Black Vienna), sisanya dibagi rata kepada setiap pemain. Masing-masing pemain berusaha untuk mengungkap 3 kartu tersebut. Bergiliran, para pemain harus mencari informasi dari pemain lainnya dengan memainkan kartu yang terdiri dari 3 Abjad. Pemain yang ditanya melihat kartu yang ia pegang, dan harus menempatkan chip (0, 1, 2 atau 3), tergantung berapa jumlah abjad yang sama dengan kartu yang ia pegang. Pemain pertama yang berhasil menemukan ketiga identitas Black Vienna adalah pemenangnya.

Permainan ini sangat memerlukan konsentrasi, analisa dan strategi. Berbeda dengan permainan lainnya, dalam permainan ini kejujuran dari setiap pemain sangat penting. Jika salah satu pemain sudah berbohong, maka permainan ini akan kehilangan arah dan akan sulit untuk terselesaikan.

Black Vienna dikemas dalam box yang sangat apik, sekilas nampak seperti buku. Membukanya pun persis seperti membuka sebuah buku. Pada sampul depan terdapat gambar yang menjadikan game ini terlihat sangat klasik dan memberikan kesan tersendiri.


Ditulis oleh Kanty Kusmayanty untuk KUMMARA

Gambar:
Boardgamegeek

0 comments:

Post a Comment