Artikel: BBC NEWS

Ada sebuah artikel menarik dari BBC News terkait dengan board game. Artikel tersebut coba memaparkan beberapa manfaat dari board game (walau bahasannya masih terbatas pada board game klasik). Terlepas dari ruang lingkup uraiannya yang terbatas artikel tersebut memberi sedikit gambaran bahwa semakin banyak pihak mulai melihat potensi dan manfaat besar dari board game.



Berikut sedikit kutipan artikelnya:

In the era of the high-def DVD and the ubiquitous game console, the board games unwrapped around the world on Christmas Day are a refreshing throwback. But is it all just a bit of fun or can we learn any valuable lessons from the roll of a dice?


...we should prefer to laud the "soft" skills that games teach us. How to win and lose with grace, how to play nicely with our families, and how to dissemble, cajole, and gull our way to victory.


Artikel selengkapnya bisa dibaca di sini.


Di tulis oleh Eko Nugroho untuk KUMMARA
Baca artikel ini selengkapnya ...

'Spielabend' Ubongo & Oasis


Ini beberapa foto dari 'Spielabend', main board game Kummara bersama beberapa sahabat Kummara. Waktu itu kami bermain board game Ubongo dan Oasis.
Review dari Ubongo dan Oasis, akan kami tampilkan pada tulisan selanjutnya.
Baca artikel ini selengkapnya ...

Black Vienna

Black Vienna adalah deduction game yang diciptakan pada tahun 1987 oleh Gilbert Obermair dan diterbitkan oleh Franckh (sekarang Kosmos). Tema cerita diambil di Vienna pada jaman setelah perang. Pada saat itu terdapat sekelompok teroris terdiri dari 3 orang misterius yang identitasnya tidak diketahui. Kelompok teroris tersebut dikenal sebagai 'Black Vienna'.

Dalam permainan ini, setiap pemain berperan sebagai Detektif yang berusaha mengungkapkan ketiga identitas Black Vienna tersebut.

Material permainan ini hanyalah kartu dan chip. Terdapat 27 kartu identitas (Kartu Abjad A-Z dan Ö), 3 kartu disimpan tertutup (3 kartu ini adalah identitas Black Vienna), sisanya dibagi rata kepada setiap pemain. Masing-masing pemain berusaha untuk mengungkap 3 kartu tersebut. Bergiliran, para pemain harus mencari informasi dari pemain lainnya dengan memainkan kartu yang terdiri dari 3 Abjad. Pemain yang ditanya melihat kartu yang ia pegang, dan harus menempatkan chip (0, 1, 2 atau 3), tergantung berapa jumlah abjad yang sama dengan kartu yang ia pegang. Pemain pertama yang berhasil menemukan ketiga identitas Black Vienna adalah pemenangnya.

Permainan ini sangat memerlukan konsentrasi, analisa dan strategi. Berbeda dengan permainan lainnya, dalam permainan ini kejujuran dari setiap pemain sangat penting. Jika salah satu pemain sudah berbohong, maka permainan ini akan kehilangan arah dan akan sulit untuk terselesaikan.

Black Vienna dikemas dalam box yang sangat apik, sekilas nampak seperti buku. Membukanya pun persis seperti membuka sebuah buku. Pada sampul depan terdapat gambar yang menjadikan game ini terlihat sangat klasik dan memberikan kesan tersendiri.


Ditulis oleh Kanty Kusmayanty untuk KUMMARA

Gambar:
Boardgamegeek
Baca artikel ini selengkapnya ...

Zauberwald

EN: FantasyLand
Rudi sang Raksasa sedang marah, karena beberapa anak mengendap-endap masuk ke dalam hutan sihir (hutan ajaib) dan mengambil batu-batu permata yang dijaganya. Sang Raksasa berusaha menangkap anak-anak tersebut, namun kadang usahanya gagal karena badannya yang besar tersangkut diantara dua pohon.

Cerita di atas, adalah ide cerita permainan ini, yang diciptakan oleh Gunter Baars. Dalam permainan ini para pemain dituntut memiliki daya ingat yang baik, hal ini membuat permainan ini sangat cocok untuk anak-anak dan keluarga(mulai umur 6 tahun). Melalui permainan ini semua pemain dituntut untuk mengoptimalkan kemampuan daya ingat dan konsentrasinya, tentunya tetap sambil bergembira dan bersenang-senang. Pemain yang mempunyai daya ingat yang bagus, mempunyai peluang sangat besar untuk memenangkan permainan ini. Sebuah dadu spesial memang digunakan pada permainan ini, namun faktor keberuntungan dari dadu mempunyai pengaruh yang sangat kecil. Permainan ini bisa dimainkan oleh 2-4 pemain. Untuk 2 pemain, aturan permainannya sedikit berbeda. Dianjurkan untuk dimainkan oleh lebih dari 2 orang pemain.

Aturan permainannya mudah, salah satu pemain akan bergiliran menjadi sang Raksasa dan bertugas menangkap figur anak (kobold kids) dari pemain lain. Langkah setiap pemain ditentukan oleh dadu, kecuali sang Raksasa, ia bisa berjalan kemana pun, tapi harus berhati-hati, karena jika salah melangkah, pohon ajaib bisa membuatnya tersangkut dan Raksasa tidak bisa bergerak lagi. Pemain lain harus berusaha menghindar dari sang Raksasa, tapi juga harus mengumpulkan batu-batu berkilau. Pemain yang bisa mendapat 7 buah batu berkilau adalah pemenangnya. Detil aturan permainan bisa dilihat di sini.

Material permainan ini memang dari plastik, tapi tetap terlihat bagus, mulai dari figur sang Raksasa, pohon dan juga box permainannya. Seluruh sisi-sisi pada box permainan ini, digambar seperti sebuah hutan sihir. Sehingga ketika memainkan permainan ini, para pemain bisa merasakan benar-benar berada di dalam hutan sihir. Selain ini, ada satu hal yang unik dalam permainan ini, yaitu jarak antara dua pohon ajaib yang sengaja diatur secara apik, supaya ketika sang Raksasa berjalan di dalam hutan, ia bisa tersangkut diantara dua pohon dan tidak bisa bergerak. Hal ini yang membuat permainan menjadi menegangkan dan menyenangkan.

Ditulis oleh Kanty Kusmayanty untuk KUMMARA

Gambar: Boardgamegeek
Baca artikel ini selengkapnya ...