Hexentanz

EN: Magic Dance
Permainan yang juga dapat melatih daya ingat (memory) ini, sangat digemari oleh anak-anak dan cocok sebagai salah satu alternatif permainan keluarga. Beberapa teman kecil yang berkunjung ke rumah kami, tidak pernah bosan memainkan permainan ini berkali-kali. Mungkin karena sangat mudah dimainkan dan menyenangkan.

Permainan ini diciptakan oleh Björn Hölle dan diterbitkan pertama kali oleh FX Schmid dan edisi terbarunya diterbitkan oleh Ravensburger. Hexentanz bisa dimainkan oleh 3-6 pemain dan dianjurkan untuk anak mulai umur 8 tahun. Namun menurut pengalaman kami, anak-anak mulai umur 6 tahun juga sudah bisa ikut mencobanya, karena permainan ini sangat mudah.

Konsep permainannya memang mirip dengan Geistertreppe, namun ide ceritanya sangatlah jauh berbeda. Para suatu malam, Nenek Sihir dari berbagai daerah (satu daerah diwakili oleh warna yang sama) berkumpul di suatu tempat untuk menari bersama-sama. Setelah lelah menari, mereka memutuskan untuk kembali pulang. Namun, untuk kembali pulang, setiap Nenek Sihir harus menunggu teman-teman sedaerahnya di tempat yang sudah disepakati, supaya mereka bisa terbang bersama-sama kembali ke daerah.

Dalam permainan ini masing-masing pemain dibekali beberapa pin/Nenek sihir dari satu daerah (untuk 3 pemain masing-masing mendapatkan 3 pin, untuk 4 pemain masing-masing mendapatkan 3 pin, dan untuk 5/6 pemain masing-masing mendapatkan 2 pin). Pin-pin tersebut berbentuk sama dan semuanya berwarna hitam, tapi jika kita membalik pin tersebut, di bawahnya terdapat gambar Nenek sihir dengan warna yang berbeda-beda sesuai daerahnya. Ketika permainan, para Nenek sihir/pin akan berbaur dengan Nenek sihir/pin lainnya. Sehingga para pemain harus mengingat pin yang mana miliknya. Hal yang membuat permainan ini seru adalah ketika tarian dimulai semua nenek sihir akan bercampur baur dan umumnya setiap pemain akan mulai lupa dengan pinnya masing-masing dan mulai bingung harus menjalankan pin yang mana. Aturan permainan (dalam Bahasa Inggris) yang lebih detil bisa dilihat di sini.

Permainan ini sangat cocok untuk dimainkan bersama keluarga, karena sangat menyenangkan dan akan mampu menyihir setiap pemain untuk tersenyum dan tertawa.

Ditulis oleh Kanty Kusmayanty untuk KUMMARA

Gambar:
Boardgamegeek
Amazon.com
Gamesweplay.de
Baca artikel ini selengkapnya ...

Torres

Sebuah kerajaan baru saja tertimpa bencana. Angin topan yang sangat kuat telah menghancurkan istana raja. Istana yang awalnya megah kini hancur berantakan. Sang Raja meminta 4 orang anaknya untuk membangun kembali istananya. Raja juga bersabda bahwa pangeran yang paling berhasil membantu membangun istana berhak menjadi penerus tahta berikutnya. Untuk membangun istana setiap pangeran dibantu 6 orang ksatria dengan kekuatan dan kemampuan luar biasa.

Apa yang tertulis di atas adalah ide permainan dari sebuah boardgame menarik yang bernama Torres. Board game ini diciptakan oleh Michael Kiesling dan Wolfgang Kramer, dua orang pencipta boardgame ternama. Board game ini diterbitkan oleh F.X. Schmid pada tahun 2000 dan berhasil memperoleh penghargaan sebagai Board game terbaik pada tahun 2000 (Spiel des Jahres).

Mekanisme permainan in mengandalkan strategi untuk menempatkan bagian-bagian dari istana. Selain itu, tiap-tiap pemain (yang berperan sebagai pangeran) harus mampu mengoptimalkan pergerakan dan penempatan setiap ksatria-nya untuk bisa mengoptimalkan proses pembangunan istana. Pemenang permainan ditentukan oleh nilai yang dikumpulkan dari hasil pembangunan istana. Detil aturan permainan (dalam Bahasa Inggris) bisa dilihat di sini.

Torres sangat cocok untuk menjadi sebuah pilihan permainan untuk keluarga (10 tahun ke atas). Hanya diperlukan waktu singkat untuk bisa mengerti mekanisme permainannya (walau mungkin diperlukan waktu sedikit lebih lama untuk bisa benar-benar mengerti strategi permaian ini). Torres menawarkan suatu pengalaman bermain yang menyenangkan.

Torres juga bisa menjadi sebuah pilihan menarik untuk memperkenalkan sebuah board game. Mekanisme permainannya yang tidak terlalu sulit (juga tidak tidak telalu mudah), material permainannya yang menarik, dan ide permainannya yang original menjadikan Torres salah satu board game paling berkesan yang pernah kami mainkan.

Ditulis oleh Eko Nugroho untuk KUMMARA

Gambar: Boargamegeek Baca artikel ini selengkapnya ...

Geistertreppe

EN: Spooky Stairs

Kalau melihat nama board game ini 'Spooky Stairs' yang artinya tangga berhantu, mungkin kita membayangkan hal-hal yang menyeramkan. Namun dalam kenyataannya, board game ini tidak menakutkan sama sekali, justru sangat menyenangkan, menghibur dan sangat cocok bagi anak-anak (mulai umur 4 tahun) dan sebagai sebuah permainan keluarga. Permainannya sangat mudah dipelajari dan dapat dimainkan oleh 2-4 pemain. Dalam permainan ini para pemain dituntut memiliki daya ingat yang baik, hal ini membuat permainan ini sangat cocok untuk anak-anak, karena melalui permainan ini anak-anak bisa melatih kemampuan daya ingat (memory) dan konsentrasi dengan gembira. Karena berbagai kelebihannya boardgame ini berhasil memenangkan penghargaan boardgame anak terbaik di Jerman (Kinderspiel des Jahres) pada tahun 2004. Boardgame ini diciptakan oleh Michelle Schanen, dan diterbitkan oleh Drei Magier Spiele.

Dalam permainan ini setiap pemain berlomba untuk menjadi anak (diwakili oleh sebuah pin berwarna) yang pertama yang sampai di tangga teratas, untuk bisa mengagetkan hantu yang sedang tertidur dengan berteriak 'BOOO!'. Di awal permainan, setiap pemain memilih satu pin dengan warna tertentu. Langkah tiap pemain ditentukan dari lemparan dadu. Di tengah perjalanan, setiap pemain harus mengingat pin mana yang menjadi miliknya, karena satu persatu pin berubah menjadi hantu (pin ditutupi oleh jubah hantu). Pada saat inilah permainan menjadi sangat seru bagi anak-anak, karena umumnya mereka mulai bingung dengan pin mereka sendiri. Bahkan waktu kami mencoba permainan ini, kami sendiri sempat bingung :). Pemain yang masih ingat pada hantu yang mana pinnya tersembunyi dan berhasil mencapai tangga teratas adalah pemenangnya. Ketika ada hantu (semua pin umumnya sudah berubah menjadi hantu di tengah-tengah permainan) yang bisa mencapai tangga teratas, jubah hantunya dibuka, dan terlihatlah siapa pemenangnya. Siapa pun pemenangnya harus berteriak 'BOOO!'

Permainan ini sangat menarik dan menegangkan karena sampai detik terakhir anak-anak baru tahu siapa yang sebenarnya menjadi pemenangnya. Permainan ini juga sangat cocok untuk dimainkan oleh seluruh keluarga. Walaupun ide permainannya sederhana dan mudah diikuti belum tentu orang dewasa bisa dengan mudah memenangkan permainan ini. Selain menarik, material permainan ini juga sangat bagus dan lucu. Untuk menempelkan pin dan jubah hantu, digunakan magnet, sehingga pin bisa tersembunyi dengan baik di balik jubah hantu.

Jika anak-anak suka permainan ini, mereka umumnya juga menyukai permainan Hexentanz (tarian nenek sihir) yang mekanismenya hampir sama dengan permainan ini. Kebetulan Hexentanz juga merupakan salah satu koleksi kami dan kami akan coba membahasnya pada tulisan kami berikutnya.

Ditulis oleh Kanty Kusmayanty untuk KUMMARA

Gambar:
Boargamegeek
Br-online.de
Baca artikel ini selengkapnya ...

Thurn und Taxis

EN: Thurn and Taxis

Thurn and Taxis diciptakan oleh Karen dan Andreas Seyfarth dan diterbitkan oleh Hans im Glück pada tahun 2006. Pada tahun yang sama boardgame ini berhasil mendapatkan penghargaan sebagai board game terbaik di Jerman pada tahun 2006 (Spiel des Jahres 2006).

Permainan ini mengambil ide cerita Keluarga bangsawan Thurn and Taxis, yang sangat terkenal di Jerman. Keluarga Thurn and Taxis dikenal sebagai Postmaster, karena berhasil menguasai pengiriman dan pelayanan pos se-Eropa pada tahun 1600.

Permainan ini bisa dimainkan oleh 2 hingga 4 pemain (10 tahun ke atas). Ketika dimainkan oleh 2 orang permainan ini sama menariknya dengan jika dimainkan oleh 3 atau 4 orang dan hal tersebut menjadi salah satu kelebihan dari board game ini. Setiap pemain berusaha membuat jalur pengiriman pos dan membangun kantor pos di berbagai kota di Jerman dan sekitarnya (dengan versi tambahan daerahnya menjadi lebih luas - Eropa). Siapa yang dapat membuat jalur dan membangun kantor pos pada tempat yang tepat, mempunyai peluang untuk menjadi pemenang permainan ini. Namun selain itu, ada berbagai nilai bonus yang disediakan. Nilai bonus tersebut sangat mempengaruhi nilai kemenangan. Siapa yang dapat mengumpulkan berbagai bonus dengan nilai tinggi, mempunyai peluang sangat besar untuk menjadi pemenang. Permainan ini mengandalkan mekanisme penyusunan dan pemilihan kartu dengan kata lain benar-benar mengandalkan strategi permainan yang dimiliki oleh tiap-tiap pemain. Faktor keberuntungan berperan sangat kecil dalam permainan ini dan hal tersebut merupakan kelebihan lainnya dari permainan ini. Kelebihan lainnya dari Turn and Taxis adalah kesederhanaan mekanisme permainannya, hanya dibutuhkan waktu singkat untuk bisa mengerti berbagai aspek permainan ini. Detil aturan permainan (dalam Bahasa Inggris) dapat dilihat di sini.

Beberapa orang yang pernah bermain Thurn and Taxis juga merasa sangat kagum terhadap permainan ini. Bukan hanya karena sistem permainannya, tapi juga pada papan permainan dan kartu-kartunya. Gambar pada papan permainan dan kartu-kartu sangat artistik, terutama pada gambar bangunan-bangunan yang bersejarah, sehingga meninggalkan kesan antik dan historik. Sejarah tentang keluarga Thurn and Taxis ditulis tersendiri dan diselipkan dalam board game ini. Jadi, selain menikmati permainan, menikmati keindahan material gamenya, setiap pemain juga dapat memperoleh informasi/membaca sejarah keluarga Thurn and Taxis.

Thurn and Taxis adalah sebuah tipe permainan yang mampu mengkombinasikan keindahan, kreatifitas, dan ide permainan yang sangat menarik. Sebuah permainan keluarga yang layak untuk dicoba.





Ditulis oleh Kanty Kusmayanty untuk KUMMARA

Gambar:
Boargamegeek
Koenemann.de
Brettspielwelt.de
Baca artikel ini selengkapnya ...

Bingkisan dari Internationale Spieltage Essen 2008

Tanggal 26 Oktober lalu kami berkesempatan mengunjungi pamaren mainan internasional (Internationale Spieltage) yang diadakan di Essen, Jerman.
Pameran tersebut menghadirkan lebih dari 700 penerbit dan distributor papan permainan (boardgame), permainan kartu (card game), roll playing game, dan komik ternama di dunia lengkap dengan semua produk-produk terbaru mereka. Di lahan seluas 44000 meter kuadrat, selama 4 hari (23-26 Oktober) tercatat lebih dari 150 ribu pengunjung menikmati berbagai suguhan permainan menarik yang ditampilkan.

Ribuan penggemar boardgame memperoleh kesempatan untuk bisa mencoba berbagai boardgame terbaru sekaligus bertemu langsung dengan berbagai pengarang ternama seperti DR. Reiner Knizia (Keltis), Klaus Teuber (Settlers from Catan), Wolfgang Kramer (El Grande), dan Steve Jackson ( Munchkin). Yang paling berkesan tentunya adalah kesempatan untuk bisa memainkan (sepuasnya dan gratis) berbagai boardgame seru dan menarik. Beberapa boardgame yang sempat menyita perhatian kami diantaranya adalah:

Keltis. Adalah game terbaik jerman untuk tahun 2008. Dengan peraturan yang sederhana Keltis mampu menawarkan permainan seru dan menegangkan untuk seluruh keluarga (untuk 7 tahun ke atas). Kami akan coba membahas permainan ini lebih detail di tulisan kami berikutnya.

Agricola. Tahun ini Agricola berhasil memperoleh penghargaan sebagai salah satu permainan terbaik di Jerman. Di salah satu komunitas boargame (boardgamegeek) Agricola bahkan menjadi boardgame dengan rating tertinggi. Setiap pemain berperan sebagai keluarga petani yang berusaha mengembangkan usaha pertaniannya (juga kehidupan keluaganya). Permainan ini benar-benar menawarkan berbagai hal menarik.


Pandemic. Sebuah boargame menarik. Ide ceritanya fokus pada upaya menyelamatkan dunia dari 4 penyakit berbahaya. Masing-masing pemain berperan sebagai spesialis yang bekerjasama satu sama lain untuk mengatasi, menanggulangi penyakit-penyakit berbahaya tersebut.


Selain menikmati berbagai permainan seru tersebut kami juga sempat berkenalan dan berdiskusi cukup banyak dengan Sean Brown seorang pecipta game sekaligus Manajer Produksi dari Fred distribution (distributor game dari Amerika). Salah satu topik perbincangan kami adalah mengenai niat kami untuk lebih mempromosikan boardgame (dan berbagai permainan keluarga lainnya) di Indonesia. Mr. Brown sangat antusias dengan rencana kami dan menyatakan kesediaannya untuk memberikan segala dukungan yang diperlukan untuk bisa membantu mewujudkan ide-ide yang kami kemukakan. Di akhir perbincangan, Mr. Brown bahkan menghadiahkan sebuah game "STOPLIGHTS" yang juga hasil ciptaannya.

Interaksi yang begitu bebas dan terbuka antara konsumen dan produsen, pencipta game dan fans, distributor dan retailer, dalam suatu atmosfir yang begitu menyenangkan telah menjadikan Internasionale Spieltage Essen menjadi suatu event yang unik dan sangat mengesankan.

Satu hari adalah waktu yang sangat singkat. Namun perjalanan singkat kami ke Internationale Spieltage Essen telah berhasil melahirkan KUMMARA. Kami sungguh berharap apa yang kami tampilkan di KUMMARA bisa lebih memotivasi perkembangan boardgame dan juga permainan kreatif, menarik, dan mendidik lainnya di Indonesia. Tentu semuanya akan sangat sulit jika hanyak dilakukan sendiri, oleh karena itu, kami mengundang teman-teman semua untuk bergabung bersama kami di KUMMARA, mari kita bangun komunitas boardgame Indonesia bersama-sama.


Ditulis oleh Eko Nugroho untuk KUMMARA

Foto: Sofaberdua
Game covers: Boargamegeek
Baca artikel ini selengkapnya ...

Code Sudoku Junior

Melanjutkan tulisan sebelumnya mengenai board game Sudoku, Jumbo salah satu penerbit buku dan mainan anak yang terkenal di Eropa juga menerbitkan boardgame Sudoku untuk anak-anak, yang bernama Code Sudoku Junior.

Prinsip permainannya sama dengan Sudoku pada umumnya, namun dengan tingkat kesulitan yang disesuaikan dengan kemampuan anak-anak. Hal yang sangat menarik dari Sudoku Junior ini adalah banyaknya variasi permainan yang disediakan. Anak-anak bisa memilih bermain Sudoku dengan angka, warna, bentuk atau gambar.

Permainan ini juga bisa dimainkan bersama-sama. Selain melatih logika dan kemampuan berpikir anak, permainan ini juga menarik untuk orang dewasa. Oleh karena itu permainan ini juga sangat cocok, sebagai salah satu alternatif permainan keluarga yang kreatif, menarik sekaligus mendidik.




Ditulis oleh Kanty Kusmayanty untuk KUMMARA

Gambar:
Amazon.com
Jumbo.eu
Baca artikel ini selengkapnya ...

Sudoku das Brettspiel

Sudoku The Boardgame

Mungkin semua orang sudah kenal dengan permainan Sudoku, yaitu sejenis teka-teki logika. Sudoku adalah singkatan bahasa Jepang dari 'Suuji wa dokushin ni kagiru', yang artinya angka-angka harus tetap tunggal. Sudoku dimainkan dalam 9x9 kotak, yang dibagi dalam 3x3 kotak kecil (sel). Tujuan dari permainan Sudoku adalah mengisi kotak kecil yang kosong dengan angka 1-9 tanpa ada angka yang berulang di satu baris, kolom atau kotak.

Pada tahun 2005 Ravensburger menerbitkan Sudoku dalam bentuk board game 'Sudoku das Brettspiel' yang bisa dimainkan oleh 4 orang secara simultan. Permainannya terdiri dari sebuah papan Sudoku, 60 kartu yang berisi angka awal dilengkapi dengan jawaban (di balik Kartu). Masing-masing pemain dibekali dengan sebuah spidol berwarna. Dan juga tersedia jam pasir untuk mengontrol waktu berpikir.

Setiap pemain memiliki waktu 30 detik untuk mengisi satu kotak di papan Sudoku, pemain sebelahnya mengontrol dengan jam pasir. Setelah pemain itu selesai mengisi salah satu kotak atau waktu berpikir sudah habis, maka pemain berikutnya memperoleh giliran untuk mencoba mengisi kotak Sudoku lainnya. Jika salah satu pemain mengisi angka yang salah pada kotak Sudoku, dan diketahui oleh pemain lainnya, maka angka tersebut segera dihapus dan pemain berikutnya berhak untuk segera mengisi kotak Sudoku selanjutnya.

Permainan berakhir jika semua kotak Sudoku sudah terisi dengan benar atau semua pemain 3x berturut-turut tidak mampu mengisi satu kotakpun atau pada jangka waktu tertentu yang sudah disetujui sebelumnya oleh seluruh pemain. Semua pemain menjumlahkan angka yang tertulis di kotak Sudoku sesuai dengan warna spidolnya masing-masing. Pemain yang mendapatkan angka tertinggi menjadi Pemenang permainan ini.

Sudoku umumnya hanya bisa dimainkan oleh satu orang, tetapi ketika ketika kita memainkannya bersama-sama (lebih dari satu orang), permainan ini menjadi jauh lebih menarik. Oleh karena itu boardgame Sudoku salah satu alternatif permainan keluarga yang menarik dan sangat menjanjikan.

Untuk teman-teman yang penasaran dengan Sudoku, kebetulan kami menemukan Sudoku versi Indonesia, yang bisa langsung dimainkan secara online. Teman-teman bisa langsung mencobanya dengan mengklik link di bawah ini :
http://www.lesantoso.com/tools/sudoku-indonesia

Ditulis oleh Kanty Kusmayanty untuk KUMMARA

Gambar:
Claudio.de
Reich-der-spiele.de
Baca artikel ini selengkapnya ...

Chaos in der Geisterbahn

Boardgame untuk anak-anak (mulai dari 5 tahun) yang cukup menarik. Dalam permainan ini, anak-anak dilatih untuk menggunakan logika. Faktor keberuntungan (dadu) relatif dominan, tapi membuat permainan ini semakin menarik dan menyenangkan untuk anak-anak.

Ide cerita dari permainan ini sendiri sangat seru dan menegangkan karena 'Chaos in der Geisterbahn' artinya Kaos (kekacauan) di sebuah Rumah Hantu. Empat orang anak naik 4 kereta yang berbeda dan masuk ke sebuah Rumah Hantu. Mereka sudah bersiap-siap untuk dikejutkan oleh hantu-hantu yang menyeramkan. Namun di tengah perjalanan, semua kereta tiba-tiba berhenti dan hantu-hantu pun tidak bisa bergerak. Seluruh Rumah Hantu macet dan rusak. Apa yang terjadi?

Ternyata gerigi-gerigi (gear) untuk menjalankan kereta dan semua hantu lepas dan bertaburan di mana-mana. Setiap pemain bertugas untuk memasang gerigi-gerigi tadi pada tempat yang tepat, sehingga kereta dan semua hantu bisa bergerak kembali. Pemain yang pertama kali keluar dari Rumah Hantu (keretanya) adalah pemenang dari permainan ini.

Permainan ini merupakan versi klasik dari permainan baru yang berjudul Logi-Geister. Kedua-duanya diproduksi oleh Ravensburger, sebuah penerbit buku dan mainan anak yang terkenal dari Jerman.






Ditulis oleh Kanty Kusmayanty untuk KUMMARA

Gambar:
Reiff-metzingen.de
Ravensburger.de
Baca artikel ini selengkapnya ...

Kisah Para Perampok dari Catan

Setiap orang yang pernah bermain papan permainan (board game) 'Siedler von Catan' pasti kenal karakter 'Perampok' (Jerman: Räuber), yang sampai dengan tahun 2002 disimbolkan dengan sebuah karakter kayu (pin) sederhana berwarna hitam. Pin hitam ini pasti telah dipegang berkali-kali oleh para pecinta permainan ini.

Dalam beberapa tahun ini, Kosmos (penerbit Siedler von Catan) menerima banyak Email sehubungan dengan permintaan pin hitam ini, karena berbagai hal. Ada yang tertelan anjing, ada yang jatuh ke dalam kloset, dan banyak juga yang akhirnya menemukan pin hitam ini di perapian. Pin hitam lainnya, mungkin hilang begitu saja atau telah rusak berkeping-keping.
Sebenarnya, Räuber ini adalah karakter yang polos (tidak bersalah). Räuber dipaksa untuk pergi dari satu lahan (tempat) ke lahan lainnya yang kadang terasa berat, hanya untuk membebaskan diri dari nasib. Dan mungkin Räuber ini tidak akan pernah kembali ke dalam box setelah permainan selesai.

Menurut Klaus (Pencipta Permainan ini), Räuber tidaklah gelap seperti kelihatannya. Pin hitam tersebut hanyalah simbol sebuah geng yang terdiri dari 3 perampok polos. Pada tahun 1997 , Klaus mengembangkan ide tersebut menjadi 3 Figur yang dikenal 'Räuber von Teuber'. Di China dibuat ribuan Figur tersebut dalam bahan plastik, dan dibagikan secara gratis dalam beberapa event. Tidak disangka 'Räuber von Teuber' ini menjadi sangat populer. Akhirnya Klaus memutuskan untuk bekerjasama dengan sebuah Produser di Jerman, dan membuat Figur ini dari bahan 'Guss'. Semenjak itu, Figur tersebut dapat mudah ditemukan di Catan-Shop.

Räuber ini digambarkan sabagai 3 orang tua, dan setiap Figur mempunyai karakter masing-masing. Pemimpin geng tersebut bernama Chef. Chef adalah pemimpin yang tangguh dan kuat, dan selalu menjaga anak buahnya. Lucky mempunyai karakter yang agak terbelakang (lemot) dan sangat polos. Tapi dia mempunyai hati yang baik dan bahkan tidak tega untuk menyakiti seekor domba pun. Bert adalah karakter yang selalu lapar, dan satu hal yang paling dia khawatirkan adalah jika dia tidak bisa kenyang. Dia juga lamban dan tidak bisa diandalkan. Makanan favoritnya tentu saja daging domba panggang.

Semoga saja, Komik yang dibuat di bawah ini dapat memberikan kesan kepada para pecinta Siedler von Catan bahwa kadang sangatlah berat untuk menjadi Räuber, oleh karena itu jika bertemu dengan angka 7, janganlah menyakiti pin hitam ini lagi (misal dilempar ke perapian atau toilet), ketika mereka memblokir suatu lahan.



Cerita dan komik diambil dari Catan News 2008
Diterjemahkan oleh Kanty Kusmayanty untuk KUMMARA
Foto Räuber von Catan diambil dari: http://boardgamegeek.com
Gambar pin: http://2.bp.blogspot.com
Baca artikel ini selengkapnya ...

Die Siedler von Catan

Die Siedler von Catan (EN: Settlers of Catan) adalah boardgame pertama yang kami miliki. Sistem permainannya yang menarik menjadikan permainan ini salah satu permainan keluarga (untuk pemain berumur 10 tahun ke atas) yang paling sukses yang pernah ada. Permainan ini menjadikan Klaus Teuber sang pengarang, menjadi salah satu tokoh pencipta board game terkenal di dunia. Dari awal diciptakannya pada tahun 1995 hingga tahun 2002 tercatat telah ada lebih dari 10 juta kopi Siedler von Catan dalam 20 bahasa berbeda yang terjual di pasar internasional.

Siedler von Catan bisa dimainkan oleh 3-4 pemain (dengan skenario tambahan bisa dimainkan hingga 6 pemain). Masing-masing pemain bertanggung jawab atas sebuah koloni dan mencoba menjadikan koloninya sebagai kekuatan paling dominan di sebuah pulau bernama Catan. Kekuatan tiap koloni tergantung dari kemampuan mereka membangun infrastruktur (jalan, rumah, kota) di pulau tersebut.

Pulau Catan disusun dari 19 kepingan segi enam dan 18 kepingan lain untuk laut di sekitar pulau. Tiap kepingan pulau mampu menghasilkan satu dari lima sumber daya alam yang ada di pulau tersebut. Nilai hasil pelemparan 2 buah dadu menjadi penentu kepingan mana (atau sumber daya alam apa) yang diperoleh seorang pemain (koloni). Masing-masing sumber daya alam yang ada diperlukan untuk bisa membangun infrastruktur yang dibutuhkan. Untuk bisa memperoleh sumber daya alam tertentu kadang sebuah koloni perlu melakukan perdagangan dengan koloni lainya. Keberhasilan sebuah koloni membangun infrastruktur akan memberikan point bagi koloni tersebut dan koloni yang berhasil mengumpulkan 10 point menjadi pemenang.

Permainan ini juga memperkenalkan salah satu elemen pernainan yang unik yaitu perampok (robber). Jika seorang pemain melempar dadu dan menghasilkan nilai 7 maka perampok ini menjadi aktif dan bisa merugikan pemain lainnya. Ada cerita menarik tentang perampok dari Catan yang akan Saya bahas ditulisan berikutnya.

Siedler von Catan telah merubah pandangan kami tentang boardgame. Lewat Siedler von Catan kami melihat potensi besar dari boardgame untuk menjadi permainan keluarga yang menarik, kreatif, sekaligus mendidik. Lewat blog ini kami berharap bisa memperkenalkan beberapa boardgame (koleksi kami pribadi) sebagai alternatif permainan keluarga. Jika ada teman-teman yang juga memiliki ketertarikan yang sama, atau bahkan berkenan untuk menyumbangkan tulisan tentang board game, silahkan hubungi kami melalui email (kummaramail@googlemail.com). Ayo kita coba kenalkan board game untuk seluruh keluarga Indonesia!

Eko&Kanty
KUMMARA

Gambar diambil dari: http://boardgamegeek.com

Referensi:


Ditulis oleh Eko Nugroho untuk KUMMARA

Baca artikel ini selengkapnya ...