Kisah Para Perampok dari Catan

Setiap orang yang pernah bermain papan permainan (board game) 'Siedler von Catan' pasti kenal karakter 'Perampok' (Jerman: Räuber), yang sampai dengan tahun 2002 disimbolkan dengan sebuah karakter kayu (pin) sederhana berwarna hitam. Pin hitam ini pasti telah dipegang berkali-kali oleh para pecinta permainan ini.

Dalam beberapa tahun ini, Kosmos (penerbit Siedler von Catan) menerima banyak Email sehubungan dengan permintaan pin hitam ini, karena berbagai hal. Ada yang tertelan anjing, ada yang jatuh ke dalam kloset, dan banyak juga yang akhirnya menemukan pin hitam ini di perapian. Pin hitam lainnya, mungkin hilang begitu saja atau telah rusak berkeping-keping.
Sebenarnya, Räuber ini adalah karakter yang polos (tidak bersalah). Räuber dipaksa untuk pergi dari satu lahan (tempat) ke lahan lainnya yang kadang terasa berat, hanya untuk membebaskan diri dari nasib. Dan mungkin Räuber ini tidak akan pernah kembali ke dalam box setelah permainan selesai.

Menurut Klaus (Pencipta Permainan ini), Räuber tidaklah gelap seperti kelihatannya. Pin hitam tersebut hanyalah simbol sebuah geng yang terdiri dari 3 perampok polos. Pada tahun 1997 , Klaus mengembangkan ide tersebut menjadi 3 Figur yang dikenal 'Räuber von Teuber'. Di China dibuat ribuan Figur tersebut dalam bahan plastik, dan dibagikan secara gratis dalam beberapa event. Tidak disangka 'Räuber von Teuber' ini menjadi sangat populer. Akhirnya Klaus memutuskan untuk bekerjasama dengan sebuah Produser di Jerman, dan membuat Figur ini dari bahan 'Guss'. Semenjak itu, Figur tersebut dapat mudah ditemukan di Catan-Shop.

Räuber ini digambarkan sabagai 3 orang tua, dan setiap Figur mempunyai karakter masing-masing. Pemimpin geng tersebut bernama Chef. Chef adalah pemimpin yang tangguh dan kuat, dan selalu menjaga anak buahnya. Lucky mempunyai karakter yang agak terbelakang (lemot) dan sangat polos. Tapi dia mempunyai hati yang baik dan bahkan tidak tega untuk menyakiti seekor domba pun. Bert adalah karakter yang selalu lapar, dan satu hal yang paling dia khawatirkan adalah jika dia tidak bisa kenyang. Dia juga lamban dan tidak bisa diandalkan. Makanan favoritnya tentu saja daging domba panggang.

Semoga saja, Komik yang dibuat di bawah ini dapat memberikan kesan kepada para pecinta Siedler von Catan bahwa kadang sangatlah berat untuk menjadi Räuber, oleh karena itu jika bertemu dengan angka 7, janganlah menyakiti pin hitam ini lagi (misal dilempar ke perapian atau toilet), ketika mereka memblokir suatu lahan.



Cerita dan komik diambil dari Catan News 2008
Diterjemahkan oleh Kanty Kusmayanty untuk KUMMARA
Foto Räuber von Catan diambil dari: http://boardgamegeek.com
Gambar pin: http://2.bp.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment